Advertisement

Sudah Kembalikan Semua Uang Suap Tanah Kas Desa, Kejati DIY Tetap Sita Tanah Krido

Triyo Handoko
Jum'at, 29 September 2023 - 14:57 WIB
Ujang Hasanudin
Sudah Kembalikan Semua Uang Suap Tanah Kas Desa, Kejati DIY Tetap Sita Tanah Krido Tim Kejati DIY memasang papan keterangan penyitaan tanah mantan Kepala Dispertaru DIY Krido Suprayitno. Dok Kejati DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY menyita dua bidang tanah milik mantan Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno. Dua bidang tanah tersebut disita sebagai barang bukti suap yang diberikan mafia tanah kas desa Robinson Saalino ke Krido.

Penyitaan tersebut didasarkan surat Kejati DIY dan Pengadilan Negeri (PN) Jogja, meskipun Krido sudah mengembalikan seluruh suap yang diterimanya dari Robinson dalam bentuk uang. “Memang semua gratifikasi yang diterima tersangka sudah dikembalikan ke kami sekarang, tapi berdasarkan keputusan pengadilan dan surat Kejati DIY maka tanah yang juga barang gratifikasi itu disita,” kata Kepala Penerangan Hukum Kejati DIY, Herwatan pada Jumat (29/9/2023).

Advertisement

Herwatan menjelaskan tanah tersebut berstatus sebagai barang bukti gratifikasi, keputusan hakim nantinya yang akan memberikan kekuatan hukum atas tanah tersebut. “Bisa dikembalikan karena sudah diganti dengan uang atau bisa juga dilelang, nanti tergantung keputusan hakim yang berwenang,” jelasnya.

Kemungkinan tanah tersebut disita, jelas Herwatan, terbuka dimana tegantung keputusan hakim. “Karena yang berwenang memutuskan hakim, nanti dilihat saja saat sidang,” ujarnya.

BACA JUGA: Berkas Perkara Mafia Tanah Kas Desa Lurah Caturtunggal Masuk Pengadilan, Ada 40 Saksi

Penyidikan atas Krido masih terus berjalan, lanjut Herwatan, dimana ia sudah diperiksa sebanyak tiga kali. “Sekarang kami mengejar keterangan para saksi, terakhir dari Kelurahan Caturtunggal yang bersaksi,” ucapnya.

Saksi yang diperiksa untuk tersangka Krido dalam kasus mafia tanah kas desa, sambung Herwatan, masih kurang beberapa pihak lagi. “Nanti kalau sudah lengkap saksi semuanya diperiksa dan memberikan keterangan, tersangka akan kami bawa ke pengadilan,” tuturnya.

Sementara ini penyidikan terhadap Krido, menurut Herwatan, berjalan lancar. “Terkahir kami sudah melakukan perpanjangan masa penahanan selama 40 hari untuk benar-benar memeriksa kasus ini dengan cermat,” terangnya.

Sementara kasus penyalahgunaan tanah kas desa di Candibinangun dan Maguwoharjo, Sleman masih terus dilakukan penyelidikan oleh tim khusus Kejati DIY. “Semuanya bekerja bersamaan, yang di dua lokasi tersebut masih terus dilakukan penyelidikan, belum naik tingkat ke penyidikan, tim masih mencari barang bukti untuk itu,” tukas Herwatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

143 Negara Mendukung Palestina jadi Anggota Penuh PBB, 9 Menolak dan 25 Abstain

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement