Advertisement

Tampil Apik di ATC 2023, Begini Harapan Orang Tua Veda, Pembalap Muda Asal Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 01 Oktober 2023 - 12:17 WIB
Ujang Hasanudin
Tampil Apik di ATC 2023, Begini Harapan Orang Tua Veda, Pembalap Muda Asal Gunungkidul Veda Ega Pratama (kanan) usai balapan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pembalap muda asal Kalurahan Wareng, Wonosari, Veda Ega Pratama,14, tampil ciamik dalam dua seri awal Asian Talent Cup (ATC) 2023. Terakhir, ia bisa finis di urutan pertama di race pertama yang berlangsung di Jepang, Sabtu (30/9/2023).

Keberhasilan meraih 25 poin ini, maka untuk sementara Veda nangkring di puncak klasemen sementara dengan total 70 poin. Perjalanan untuk meraih juara umum masih Panjang karena masih ada Sembilan balapan yang harus dilalui dari enam seri ATC 2023.

Advertisement

Ayah Veda, Darmono mengaku senang dengan hasil yang diraih anaknya tersebut. Di tiga balapan yang telah dilalui dapat tampil maksimal sehingga bisa terus tampil di podium.

“Dua kali juara dan sekali runner up,” kata Darmono kepada wartawan, Minggu (1/10/2023).

Menurut dia, Veda semakin matang dan bisa bermain strategi saat balapan. Hal ini terlihat dari peyelenggaraan race pertama di Jepang.

Tampil start di posisi keenam tak membuat Veda panik. Saat balapan dimulai bisa langsung tancap gas hingga akhirnya bisa berada di posisi terdepan hingga menyentuh garis finish.

“Veda bisa tampil lebih tenang. Kemenangan di Jepang merupakan kebanggaan tersendiri karena disana banyak local hero yang kalau bermain di hadapan publiknya akan tampil habis-habisan. Saya bersyukur Veda bisa melaluinya dengan baik,” katanya.

BACA JUGA: Latihan di Pasar Hewan, Pembalap Gunungkidul Raih Podium di Qatar

Meski tampil apik dua seri awal, Darmono tidak ingin membebani target yang tinggi. Ia hanya ingin anaknya bisa tampil baik dan menambah pengalaman di kancah internasional.

“Tidak ada target karena masih banyak yang harus dipelajari. Terpenting bisa tampil baik dan urusan juara adalah bonus dalam membalap,” katanya.

Kepala SMP Negeri 2 Wonosari, Suhartati mengatakan, Veda merupakan salah satu anak didik di sekolahnya. Ia pun mengucapkan selamat atas prestasi yang diraihnya dalam kejuaraan balap motor ATC 2023.

“Tentunya kami ikut bangga terhadap prestasi yang diraih anak didik di sekolah kami,” katanya.

Meski berhasil meraih prestasi lewat jalur olahraga, Suhartati berharap kepada Veda untuk tetap terus belajar sehingga kemampuan yang dimiliki bisa seimbang. “Mmeang telah mmeiliki prestasi sampai kancah internasional, tapi tidak boleh melupakan belajar,” katanya.

Untuk diketahui Veda tampil pertama kali di ATC di 2022. Meski berstatus rookie di ajang ini, namun ia bisa tampil apik. Pasalnya, dari enam seri dengan 12 kali balapan, ia berhasil meraih 141 poin dan berada di urutan ketiga di klasemen akhir balapan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement