Advertisement

Siaga Darurat Kekeringan di Gunungkidul Diperpanjang, Sudah 2.000 Tangki Air Disebar

David Kurniawan
Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Siaga Darurat Kekeringan di Gunungkidul Diperpanjang, Sudah 2.000 Tangki Air Disebar Proses penyaluran air bersih di salah satu masjid di Padukuhan Klegung, Ngoro-oro, Patuk. Senin (2/10/2023) Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—BPBD Gunungkidul memperpanjang status siaga darurat kekeringan hingga 30 November 2023. Hingga sekarang sudah lebih dari 2.000 tangki air bersih yang disalurkan ke masyarkat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, status siaga darurat kekeringan sudah berakhir pada 30 September 2023. Namun demikian, berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan ada perpanjangan selama dua bulan.

Advertisement

“Perpanjangan akan berlaku hingga 30 November 2023. Suratnya masih diproses di Bagian Hukum, Setda Gunungkidul,” kata Sumadi kepada wartawan, Selasa (3/10/2023).

BACA JUGA: Begini Kondisi Kebutuhan Air Bersih di 4 Kabupaten Siaga Darurat Kekeringan DIY

Ia menjelaskan, pertimbangan memperpanjang status siaga darurat dikarenakan musim kemarau belum berakhir. Di sisi lain, dampak kekeringan juga terus meluas.

Total hingga sekarang sudah ada sektiar 118.000 jiwa yang berasal dari 16 kapanewon berpotensi mengalami krisis air bersih. “Hanya Kapanewon Wonosari dan Playen yang tidak terdampak kekeringan. Sedangkan 16 kapanewon lainnya, ada warganya yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih,” katanya.

Meski ada perpanjangan masa darurat kekeringan, namun Sumadi memastikan tidak ada peningkatan menjadi awas maupun tanggap darurat kekeringan. Status siaga dirasa masih mencukupi untuk penanganan masalah krisis air bersih di Gunungkidul.

“Dalam pembahasan APBD Perubahan 2023 tidak mengajukan penambahan anggaran. Tapi, kalau dana droping habis, maka bisa meminta tambahan lewat pagu Belanja Tak Terduga,” katanya.

Disinggung mengenai pelaksanaan droping air, Sumadi mengakui BPBD di tahun mengalokasikan sebanyak 1.060 tangki sudah tersalurkan sebanyak 450 tangki. Penyaluran air bersih juga dilakukan oleh kapanewon dan bantuan pihak ketiga.

“Kalau ditotal sudah hampir 2.700an tangki yang disalurkan ke masyarakat,” katanya.

Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Tepus, Joko Santoso mengatakan, kapanewon mengalokasikan dana droping untuk 450 tangki. Adapun penyaluran sudah dimulai sejak Juni dan ditargetkan selesai akhir Oktober ini.

Menurut dia, total sudah ada 400 tangki yang disalurkan ke masyarakat di Kalurahan Purwodadi, Tepus dan Sidoharjo. Adapun bantuan droping yang tersisa tinggal 50 tangki dan akan disalurkan di bulan ini.

“Ya kalau habis. Nanti, kami akan minta bantuan ke BPBD. Terlebih lagi anggaran droping tidak bisa mencakup ke seluruh kalurahan karena untuk Sumberwungu dan Giripanggung kami mintakan ke BPBD,” katanya. (David Kurniawan)

Foto

Harian Jogja/David Kurniawan

Proses penyaluran air bersih di salah satu masjid di Padukuhan Klegung, Ngoro-oro, Patuk. Senin (2/10/2023)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement