Advertisement

Tipes dan Kondisi Tubuh Drop, BPJS Kesehatan Jadi Andalan

Media Digital
Rabu, 11 Oktober 2023 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Tipes dan Kondisi Tubuh Drop, BPJS Kesehatan Jadi Andalan Muhamad Ardan Arrazaq. - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

SLEMAN—Aktivitas keseharian yang menumpuk membuat kondisi tubuh Muhamad Ardan Arrazaq drop. Dampaknya, dia perlu istirahat selama sepekan karena gejala tipes.

Sebagai filmmaker dan juga videografer, Ardan sering beraktifitas sampai belasan jam dalam sehari. Belum lagi kondisi yang mengharuskannya sering kali berada di ruangan ber-AC, kondisi yang sebenarnya kurang begitu cocok untuknya.

Advertisement

Hingga awal bulan September 2023 ini, Ardan merasa tubuhnya terlalu capek. Kondisi lelah semakin parah dengan paparan dingin udara AC.

“Udah mah kecapean, telat makan pula, akhirnya drop. Badannya kerasa enggak enak, terus memvonis diri sendiri terkena penyakit tipes,” kata laki-laki yang tinggal di Sleman ini, Rabu (4/10/2023).

Atas saran istri, Ardan kemudian memeriksakan tubuhnya ke puskesmas di sekitar Tridadi, Sleman. Laki-laki berusia 25 tahun ini memanfaatkan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang merupakan fasilitas dari kantor tempatnya bekerja. Dia bekerja di suatu perusahaan swasta di Jogja.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Memfasilitasi Dua Kelahiran Anak Johan

Setelah dokter memeriksa kondisi Ardan, memang betul ada gejala tipes. Ardan mendapatkan empat jenis obat. Dokter menyarankan pasiennya untuk istirahat di rumah sampai benar-benar pulih. Ardan tidak beraktivitas di luar rumah selama sepekan ke depan, untuk bisa fokus memulihkan badannya.

“Memang waktu itu cukup ramai tapi pelayanan baik,” katanya. “Alhamdulillah, berkat obat, istirahat, dan penanganan lainnya, gejala tipes bisa hilang.”

Ini pengalaman pertama Ardan menggunakan penjaminan JKN. Menurutnya jaminan kesehatan memberikan ketenangan dan kenyamanan.

“Menjadi peserta JKN bikin tenang, kapanpun dan di manapun sakit ada JKN untuk meng-handle masalah kesehatan dan administrasi,” kata Ardan. “Semoga ke depan pelayanan semakin meningkat dan semakin baik.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement