Advertisement

Kabar Gembira! Ribuan Warga Gunungkidul Dapat Jatah Makan Selama Sebulan pada Tahun Depan

David Kurniawan
Senin, 16 Oktober 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Kabar Gembira! Ribuan Warga Gunungkidul Dapat Jatah Makan Selama Sebulan pada Tahun Depan Kemiskinan - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul menargetkan penurunan angka kemiskinan menjadi 13% di 2024. Guna mencapai target ini, salah satunya dengan menggerakan program Menu Bawann Mekari yang merupakan singkatan dari Menengok Saudara dengan Membawa Sarapan, Makan Pemenuhan Kalori Sehari.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (Sosial-P3A) Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan  program Menu Bawann Mekari sudah dipersiapkan. Salah satunya dengan mengalokasikan anggaran sekitar Rp2,26 miliar di tahun depan. “Untuk detailnya, program ini masih dibahas bersama dengan DPRD,” kata Asti, Senin (16/10/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, program ini dijalankan merupakan salah satu upaya menurunkan angka kemiskinan di Bumi Handayani. Sesuai dengan target yang dicanangkan Bupati Sunaryanta, tahun depan angka kemiskinan bisa turun menjadi 13%.

BACA JUGA: Bupati Gunungkidul Optimalkan Tiga Program Hapus Kemiskinan Ekstrem di 2024

Asti mengungkapakn, Menu Bawann Mekari direncanakan dengan memberikan bantuan makanan bagi kelompok anak terlantar, lansia terlantar hingga anggota disabilitas di Gunungkidul. Sesuai data yang dimiliki ada 2.506 jiwa yang menjadi sasaran program, tersebar di 18 kapanewon. “Bantuan makanan diberikan selama 30 hari,” katanya.

Menurut dia, sudah ada by name by addres calon penerima bantuan. Asti mengungkapkan, bantuan permakanan sudah dilaksanakan di tahun ini.

Ia tidak menampik jumlah penerima hanya 100 orang. Adapun bantuan diberikan dengan bentuk sembako senilai Rp1 juta untuk setiap penerima manfaat. “Program sudah dilaksankaan Maret lalu. Untuk tahun depan, penerimanya akan lebih banyak,” katanya.

Meski masih sebatas rencana, Asti berharap program ini bisa diikuti masyarakat untuk membantu keluarga di sekitaran rumah yang membutuhkan. “Harapannnya bagi warga yang mampu bisa ikut berperan dengan memberikan makanan kepada tentangga yang kekurangan,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan pemberian makanan bagi anak terlantar, lansia maupun penyandang disabilitas diharapkan mampu mengurangi jumlah keluarga miskin di Gunungkidul. Sesuai dengan rencana kegiatan anggaran di 2024 di Dinas Sosial P3A, sudah ada alokasinya untuk 2.506 sasaran penerima manfaat.

Rencananya dalam kurun waktu 30 hari diberikan bantuan makanan senilai Rp30.000 per harinya. “tentunya sasaran diberikan kepada lansia, anak-anak dan penyandang disabilitas yang berada di luar panti,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement