Advertisement

1 Juta Liter Air Bersih Telah Disalurkan ke Warga Sleman

Jumali
Selasa, 17 Oktober 2023 - 12:07 WIB
Sunartono
1 Juta Liter Air Bersih Telah Disalurkan ke Warga Sleman Kegiatan dropping air bersih di Tempel dan Seyegan oleh BPBD Sleman tahun 2022 - ist / BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 1 juta liter air telah disalurkan oleh BPBD Sleman ke lima kalurahan di Bumi Sembada yang mengalami krisis air bersih. Jumlah air bersih yang didroping itu bisa saja bertambah, menyusul masih belum turunnya hujan dan belum berakhirnya musim kemarau.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Bambang Kuntoro mengatakan 1 juta liter air bersih itu disalurkan mulai 14 Agustus 2023 hingga 16 Oktober 2023.

Advertisement

BACA JUGA : Kemarau Panjang, Penggali Sumur Banjir Orderan

Sejauh ini 1 juta liter air bersih itu telah disalurkan untuk lima kalurahan, yakni Banyurejo, Tempel dengan 170.000 liter, 15.000 liter untuk Margorejo, Tempel. Sebanyak 806.000 liter  untuk Hargobinangun, Pakem, 12.000 liter untuk Sumberagung, Moyudan dan 8.000 liter untuk Donoharjo, Ngaglik.

"Untuk Dukuh Sejati, Sumberarum, Moyudan kami tidak melakukan dropping air. Kami berikan selang baru untuk menghisap air dari Sungai Progo," katanya, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut, Bambang mengaku sampai saat ini pihaknya belum mengalami kendala utamanya dalam ketersediaan anggaran untuk dropping air bersih. Sebab, anggaran dropping air bersih dari APBD 2023 masih mencukupi.

"Kalau soal anggaran sejauh ini masih mencukupi. Kami masih gunakan APBD murni 2023," jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Makwan mengungkapkan, secara keseluruhan warga yang terdampak dan membutuhkan dropping air  tercatat ada sebanyak 243 KK atau sebanyak 1.184 jiwa. Sejauh ini, BPBD Sleman telah melakukan dropping air bersih menggunakan armada tangki. 

BACA JUGA : Permukaan Air Tanah di Jogja Semakin Menurun, Ini Penjelasan Pakar UGM

Di mana, penyaluran air bersih di ambil dari sumber air terdekat milik PDAM Sleman. Selain itu, pihaknya juga mengambil air bersih dari sumber air yang ada di lereng Gunung Merapi.

"Dan sejauh ini kebutuhan air bersih masyarakat Sleman masih terkendali, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement