Advertisement

Dorong Perkembangan Wirausahawan Muda, BPO DIY Bikin Lomba Berhadiah Modal Total Rp126 Juta

Media Digital
Kamis, 19 Oktober 2023 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Dorong Perkembangan Wirausahawan Muda, BPO DIY Bikin Lomba Berhadiah Modal Total Rp126 Juta Lomba Sentra Kewirausahaan Muda yang diselenggarakan BPO DIY di mana peserta sedang mempresentasikan bisnisnya, Kamis (19/10/2023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

JOGJA—Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY menggelar Lomba Sentra Kewirausahaan Muda dengan total hadiah berbentuk bantuan modal usaha sebanyak Rp126 juta. Sebanyak 10 peserta lomba yang sudah melalui tahapan menyajikan presentasi bisnisnya, Kamis (19/10/2023).

Presentasi bisnis dari 10 peserta lomba itu dinilai oleh lima dewan juri. Penilai dewan juri bersifat independen di mana juri yang menilai dari berbagai latar belakang, seperti Dinas Koperasi dan UKM DIY, pebisnis muda, hingga tokoh pemuda pelopor.

Advertisement

Kepala BPO DIY, Priyo Santosa, menjelaskan tujuan BPO DIY menggelar lomba tersebut untuk merangsang pemuda-pemuda di wilayahnya untuk meminati kewirausahaan. “Supaya tumbuh kesadaran kewirausahan dan dipraktikkan secara nyata, kami ingin pemuda-pemuda DIY memiliki kemampuan berdikari di bidang ekonomi. Agar ke depan mereka tak bergantung pada hal lain, tapi bisa berbisnis sendiri untuk menghidupi dirinya, artinya mengajak pemuda mandiri,” jelas Priyo Santosa pada Kamis siang.

Priyo menjelaskan BPO DIY melakukan pembinaan pemuda DIY dalam sektor kewirausahan. “Tidak hanya kegiatan lomba ini, sebelum-sebelumnya kami juga melakukan pembinaan. Modelnya ada yang talk show ke kabupaten/kota, ada bimbingan teknis, dan lain-lain modelnya, ini untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan generasi muda,” katanya.

Lomba Sentra Kewirausahaan Muda, jelas Priyo, juga jadi salah satu agenda rutin tahunan BPO DIY dalam pembinaan generasi muda dalam wirausaha. “Sasarannya bukan semata-mata hadiah bantuan modal, tapi juga masukan-masukan yang diberikan dewan juri yang memiliki kompetensi teruji agar bisnis-bisnis generasi muda ini dapat terus bertumbuh,” ungkapnya.

BACA JUGA: Vonis Mafia Tanah Kas Desa Robinson Lebih Berat dari Tuntutan Jaksa, Begini Reaksi Kejati DIY

Masukan yang diberikan dewan juri, lanjut Priyo, terkait pemasaran, produksi, pembukuan keuangan hingga perizinan yang dapat meningkatkan kualitas bisnis peserta lomba. “Kami juga akan fasilitasi masukan-masukan itu, misalnya dibutuhkan sertifikat halal maka akan difasilitasi dengan kami sampaikan ke dinas atau pihak terkait,” katanya.

Priyo menyebut pihaknya selalu berusaha meningkatkan pembinaan kewirausahaan pemuda DIY. “Karena ini bidang strategis, di mana 2045 bonus demografi ini besar sekali. Sehingga perlu dipersiapkan berbagai alternatif yang bisa jadi solusi bonus demografi ini, salah satunya kewirausahaan, kami berharap fasilitasi ini dapat dimaksimalkan generasi muda,” ucapnya.

Salah satu peserta lomba, Syarifudin Zuhri sangat mengapresiasi gelaran tersebut. “Ini memotivasi kami generasi muda untuk terus mengembangkan diri terutama di bidang kewirausahaan, apalagi dengan fasilitasi modal ini tentu diharapkan ke depan program seperti ini diperbanyak,” ungkapnya usai presentasi bisnisnya.

Zuhri menjelaskan bisnis yang jadi target lomba ini bukan hanya bisnis untuk keuntungan ekonomi saja. “Tapi bisnis yang bisa berdampak ke sosial, misalnya mempekerjakan ibu-ibu PKK dan semacamnya yang juga mengungkit ekonomi masyarakat luas. Program ini patut diperluas lagi bentuk dan jenisnya agar merangsang banyak pemuda di DIY untuk terus berkembang dan berdampak positif ke banyak orang,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement