Advertisement

Kualitas Keamanan Pangan Pasar Prawirotaman Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Triyo Handoko
Rabu, 25 Oktober 2023 - 19:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kualitas Keamanan Pangan Pasar Prawirotaman Raih Juara 2 Tingkat Nasional Beberapa penjual daging ayam berada di Pasar Prawirotaman pada Jumat (18/12/2020). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pasar Prawirotaman berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional, dalam Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas. Penyelenggara lomba tersebut adalah BPOM RI, dimana Pasar Prawirotaman berhasil meraih posisi kedua.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja Veronica Ambar Ismuwardani menjelaskan penghargaan ini mempertegas kesungguhan  Pemkot Jogja untuk mewujudkan keamanan pangan yang bebas dari kandungan bahan berbahaya. “Saya berharap, prestasi yang diraih terus dioptimalkan, agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Yogyakarta, khususnya dari resiko terpapar penyakit akibat mengkonsumsi pangan yang tidak terjamin keamanannya,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (25/10/2023).

Advertisement

Baca Juga: Pasar Prawirotaman Akan Jadi Pasar Rakyat Pertama Ber-SNI di Kota Jogja

Ambar menyebut terus mendorong keamanan dan kebersihan pangan produk yang dijual di Pasar Prawirotaman. “Untuk itu, kami terus memberikan perlindungan dan jaminan kepada konsumen bahwa bahan pangan yang dijual benar-benar aman dari bahan berbahaya seperti formalin, boraks, rhodamin B dan methanyl yellow dengan terus melakukan pengujian secara berkala,” jelasnya.

Baca Juga: Wajah Baru Pasar Tradisional sebagai Kawasan Digital

Pengujian berkala produk pangan di Pasar Prawirotaman, jelas Ambar, dilakukan bersama BPOM DIY dan Dinas Kesehatan. “Kami rutin berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk memastikan kesehatan dan keamanan pangan produk di sana,” terangnya

Sistem manajemen Pasar Prawirotaman, lanjut Ambar, sudah sesuai standar nasional indonesia (SNI). “Manajemen dan infrastruktur aktivitas perdagangan di pasar ini sudah sangat baik, sebagai pasar tradisional Pasar Prawirotaman jadi percontohan modernisasi yang unggul,” tuturnya.

Baca Juga: Pasar Prawirotaman yang Dulu Bukanlah yang Sekarang, Kini Belanja Lebih Nyaman dan Modern

Ke depan Pasar Prawirotaman akan terus dikembangkan,sambung Ambar, mengikuti perkembangan yang ada. “Ada beberapa fasilitas pengembangan kapasitas juga di Pasar Prawirotaman, khususnya pemasaran digital, ini kami harap bisa terus dimanfaatkan lagi oleh para pedagang atau masyarakat luas di Kota Jogja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribut-Ribut Soal UKT, Ini Daftar PTN dengan Tarif Termahal

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement