Advertisement

DKP Kulonprogo Regenerasi Pokdakan, Ini Strategi yang Dipersiapkan

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 25 Oktober 2023 - 19:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
DKP Kulonprogo Regenerasi Pokdakan, Ini Strategi yang Dipersiapkan Ilustrasi budi daya perikanan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulonprogo mengusulkan untuk meregenerasi kelompok budi daya ikan (Pokdakan). Regenerasi tersebut dianggap penting karena mayoritas anggota pokdakan saat ini berusia di atas 50 tahun. Apabila anggota pokdakan menurun maka produksi perikanan juga terdampat dan terancam menurun.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, Trenggono Trimulyo, mengatakan regenerasi Pokdakan merupakan salah satu usulan kegiatan strategis DKP Kulonprogo dalam mempertahankan dan meningkatkan produksi perikanan budidaya.

Advertisement

"Kegiatan ini diformat dalam tagline cecikal atau penumbuhan kelompok baru pembudi daya ikan milenial dengan kisaran umur anggota antara 17 sampai dengan 25 tahun," kata Trenggono dihubungi, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Jaga Mutu Ikan, Dinas Kelautan & Perikanan Terus Awasi Suplier hingga Toko Penjual

Trenggono menambahkan rancangan yang pihaknya telah persiapkan adalah menggait mahasiswa jurusan perikanan yang berasal dari Kulonprogo untuk membentuk Pokdakan baru sekaligus mereka lah yang menjadi ketua Pokdakan.

Dengan begitu, Pemkab Kulonprogo melalui DKP membuka ruang kerja sama dengan kampus penyelenggaran pendidikan jurusan perikanan seperti Universitas Gajah Mada (UGM). Kerja sama dapat mencakup pemberian data personel dimaksud, memberikan motivasi kepada mahasiswa, sampai objek penelitian tugas akhir.

Baca Juga: DKP Kulonprogo Lakukan Kaji Pengembangan Potensi Perikanan Budidaya

Dalam kegiatan regenerasi pokdakan terdapat beberapa skenario penganggaran yaitu pengusulan anggaran ke APBN, APBD, dan Dana Keistimewaan (Danais).

"Pokdakan milenial kita usulkan untuk difasilitasi dengan sarana-prasarana produksi berupa sepuluh kolam bulat diameter dua meter dengan jenis komoditas utama lele dan gurami beserta pakan dan probiotiknya," katanya.

Lebih jauh, Trenggono menjelaskan perlu adanya anggaran khusus untuk pelatihan dan benchmarking agar pokdakan milenial punya skill dan pengalaman awal dalam berbudidaya ikan.

"Target tahun 2024 kita usulkan 1 pokdakan milenial untuk tiap Kapanewon di Kabupaten Kulonprogo," ucapnya.

Baca Juga: Pemkab Bantul Targetkan Konsumsi Ikan 31,3 Kg per Kapita Tahun Ini

Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan DKP Kulonprogo, Suryadi, mengatakan meningkatnya produksi perikanan akan menimbulkan efek berganda atau multiplier effect seperti meningkatkan penghasilan dan kualitas hidup pelaku usaha budidaya ikan, masyarakat lingkungan perikanan, dan masyarakat umum. Dia juga mengatakan keuntungan utama dari budi daya ikan adalah tercukupinya kebutuhan gizi dengan nutrisi dari protein ikan.

"Protein itu akan meningkatkan kesehatan, kecerdasan, dan penting dalam penanggulangan stunting atau tengkes pada anak. Oleh sebab itu, pasokan ikan perlu dijaga salah satunya dengan meregenerasi Pokdakan," kata Suryadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement