Advertisement

Buka Layanan Jaminan Khusus Penyandang Disabilitas, Pemkot Jogja Fasilitasi Kesehatan Difabel

Triyo Handoko
Jum'at, 27 Oktober 2023 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Buka Layanan Jaminan Khusus Penyandang Disabilitas, Pemkot Jogja Fasilitasi Kesehatan Difabel Kepala DinsosnakertransJogja Maryustion Tonang (kanan) berbincang dengan peserta Jamkesus yang merupakan penyandang difabel. Dok Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menggelar layanan jaminan kesehatan khusus (Jamkesus) terpadu bagi penyandang disabilitas. Kegiatan ini merupakan kerja sama Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jogja dengan Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkesos) DIY.

Pelayanan Jamkesus bagi difabel ini diikuti puluhan orang di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Yogyakarta. Kepala Dinsosnakertrans Jogja Maryustion Tonang menjelaskan program Jamkesus tersebut bentuk komitmen Pemkot Jogja untuk memastikan layanan kesehatan bagi penyandang difabel di wilayahnya.

Advertisement

Baca Juga: Ada 3.100 Penyandang Disabilitas di Jogja yang Butuh Layanan Inklusif

Data Dinsosnakertrans Jogja menyebut terdapat 3.116 penyandang disabilitas di wilayahnya. "Penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi warga berkebutuhan khusus juga bisa menjadi sarana untuk mengetahui kebutuhan dan keluhan dari para penyandang disabilitas," jelas Maryustion, Jumat (27/10/2023).

Maryustion menjelaskan tujuan layanan Jamkesus tersebut untuk memperluas penyandang difabel yang terdaftar. “Semakin banyak penyandang difabel yang terdaftar maka semakin terjamin layanan kesehatan yang mereka perlukan, semakin mudah untuk mengangkat taraf kesejahteraan para difabel ini,” terangnya.

Baca Juga: Terkendala Jarak, Ribuan ABK di DIY Tak Bisa Sekolah

Kesehatan bagi penyandang difabel, menurut Maryustion, menjadi hal penting untuk memastikan penghidupan mereka dapat terus ditingkatkan. “Layanan ini juga dimaksudkan untuk memotivasi para penyandang difabel bahwa pemerintah turut mendukung dan mengupayakan yang terbaik bagi mereka, terutama mempedulikan kesejahteraan mereka dan kami harap dapat terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bapel Jamkesos DIY, Henny Aprita Rahayungingsih mengatakan Jamkesus merupakan jaminan kesehatan bagi penyandang disabilitas yang dilaksanakan antara Pemda DIY dengan Pemkot Jogja. "Dalam kegiatan ini para penyandang disabilitas mendapatkan pemeriksaan kesehatan pos pembinaan terpadu (posbindu) meliputi pemeriksaan tekanan darah dan suhu, pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol," katanya.

Baca Juga: Pemkot Jogja Sediakan Beragam Layanan di Rumah Layanan Disabilitas

 Selain itu juga ada pemberian alat bantu kursi roda dan alat bantu gerak, sambung Henny, seperti kaki dan tangan palsu bagi penyandang disabilitas yang membutuhkan. "Di sini kami menghadirkan dokter umum, dokter spesialis, dan perawat yang akan memberikan indikasi medis pasien harus mendapatkan alat bantu apa," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Lagi Dianggap Bagian dari PDI Perjuangan, Begini Respons Jokowi

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement