Advertisement

Propenas Dideklarasikan untuk Mendorong Kualitas dan Kesejahteraan Profesi Pendamping

Sunartono
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 23:07 WIB
Sunartono
Propenas Dideklarasikan untuk Mendorong Kualitas dan Kesejahteraan Profesi Pendamping Sebuah organisasi Profesi Pendamping Nasional (Propenas) dideklarasikan di Hotel Kayla Jogja, Sabtu (28/10/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah organisasi Profesi Pendamping Nasional (Propenas) dideklarasikan di Hotel Kayla Jogja, Sabtu (28/10/2023). Organisasi untuk berusaha mendorong kualitas para pendamping dan mengupayakan program yang bisa mendukung kesejahteraan.

Ketua Umum Propenas Wiwin mengatakan perkumpulan ini berasal dari beberapa jenis profesi pendamping, seperti pendamping UMKM, pertanian dan lain-lain. Akan tetapi organisasi ini digagas melalui inisiasi konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) merupakan salah satu program Kementerian Koperasi dan UKM.

Advertisement

BACA JUGA : Data Penerima PKH di Jogja Tahap III 2023 Turun, Dinsosnakertrans Sebut Banyak yang Sejahtera

Melalui organisasi tersebut targetnya bisa mengakomodasi berbagai masukan dan mewujudkan harapan para pendamping agar mereka bisa maju berkembang dan memiliki hak yang harus diperjuangkan.

“Organisasi ini tidak hanya untuk pendamping UMKM saja tetapi ke depan berbagai bidang pendamping, agar bisa bersama-sama bisa memajukan terutama perekonomian Indonesia dan berjuang untuk para pendamping,” katanya Sabtu.

Saat ini banyak profesi pendamping yang memiliki lembaga tersendiri yang bisa menjadi mata pencaharian para pendamping. Saat ini banyak lembaga atau instansi yang membutuhkan pendamping terkait kebutuhan masing-masing.

“Selain koperasi UMKM dan pertanian, masih banyak sektor lain yang juga menggunakan pendamping seperti pariwisata itu butuh pendamping untuk pengembangan destinasi,” katanya.

BACA JUGA : Kasus Mahasiswi Lompat dari Lantai 4: UMY Beri Pendampingan Psikologis ke Penghuni Asrama

Melalui Propenas ini, kata dia, harapannya bisa menyatukan semua yang berprofesi sebagai pendamping. Kemudian memberikan advokasi agar bisa berkembang dan mendorong peningkatan kesejahteraan. Selanjutnya ke depan profesi pendamping ini benar-benar dihargai, berkualitas dan memiliki nilai.

“Karena pendamping juga punya value, kami memiliki kualitas dan kapabilitas, seharusnya ini menjadi pertimbangan bagi lembaga terkait agar menggunakan jasa kami dengan semestinya, termasuk mendorong kesejahteraa  para guru. Karena untuk mendapatkan kualitas terbaik kami juga belajar dan menempuh pendidikan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement