Advertisement

Bantul Dapat Anggaran Pengembangan Ekonomi Kreatif Rp1,4 Miliar dari Kemenparekraf

Newswire
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 07:17 WIB
Ujang Hasanudin
Bantul Dapat Anggaran Pengembangan Ekonomi Kreatif Rp1,4 Miliar dari Kemenparekraf Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo. - Harian Jogja/uja

Advertisement

Hatrianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul, memastikan pada tahun anggaran 2024 akan mendapat anggaran untuk pengembangan ekonomi kreatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebesar Rp1,4 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif, Bantul akan diberikan anggaran senilai Rp1,4 miliar yang akan diperuntukkan untuk membangun rumah kreatif.

Advertisement

"Ekonomi kreatif di Bantul menjadi sektor unggulan, dan artinya ekonomi kreatif Bantul telah diakui secara nasional, bahwa Bantul punya sektor kuat yang perlu difasilitasi untuk dikembangkan," katanya, Jumat (27/10/2023)

Menurut dia, anggaran pengembangan ekonomi kreatif tersebut akan dapat memperkuat pemerintah daerah dalam membangun sektor tersebut, terlebih pada tahun 2024, anggaran dalam APBD untuk Dinas Pariwisata mengalami penurunan.

"Sekalipun APBD turun, kita juga dapat kucuran anggaran non fisik hampir Rp1 miliar, sehingga Bantul tetap direspon oleh Kemenparekraf menjadi bagian yang perlu didorong, artinya pelatihan pengembangan SDM juga dianggap bisa dipertanggungjawabkan selama ini," katanya.

BACA JUGA: Bantul Masuk Jejaring Kota Kreatif Dunia, Begini Kata Sandiaga Uno

Menurut dia, sektor ekonomi kreatif di Bantul tidak lepas dari keberadaan sentra sentra kerajinan yang produknya sudah mempunyai kualitas ekspor, seperti batik, kerajinan kayu, dan kerajinan kulit dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.

Selain itu, kata dia, ekonomi kreatif di Bantul juga didukung dengan keberadaan pariwisata berbasis komunitas atau community based tourism (CBT), atau desa wisata yang menjadi salah satu ruh pengembangan ekonomi berbasis masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam pengembangan sektor pariwisata Bantul, pada tahun 2024 pihaknya juga mendapat dukungan anggaran melalui Dana Keistimewaan (Danais) dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

"Untuk tahun depan menurut rancangan informasi yang kita terima terakhir kita mendapat anggaran Danais kurang lebih Rp1,1 miliar, untuk pengembangan sektor ekonomi di kawasan wisata," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement