Advertisement

Agar Bisa Mengelola Keuangan dengan Baik, Pelajar Dituntut Tingkatkan Literasi Keuangan

Abdul Hamied Razak
Minggu, 29 Oktober 2023 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Agar Bisa Mengelola Keuangan dengan Baik, Pelajar Dituntut Tingkatkan Literasi Keuangan Pimpinan Cabang BRI Finance Yogyakarta Wawan Styono saat meliterasi pelajar SMP Pamungkas Mlati, Sleman, Jumat (27/10 - 2023) ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Untuk meningkatkan inklusi keuangan di kalangan generasi muda, program literasi bagi pelajar perlu terus dilakukan. Hal itu bertujuan agar generasi muda bisa mengelola keuangan dengan baik.

Plt Direktur Utama BRI Finance Primartono Gunawan mengatakan pada era globalisasi masyarakat khususnya pelajar dituntut memiliki kecerdasan untuk mengelola keuangan secara mandiri dengan baik dan benar. Sehingga mendapatkan manfaat yang maksimal dari uang yang dimilikinya.

Advertisement

BACA JUGA: Kebakaran Gunung Merbabu Meluas, Alami Sesak Nafas Puluhan Warga Diungsikan

"Pelajar perlu terus diliterasi mengelola keuangan dengan baik. Inklusi keuangan terdorong ketika masyarakat mengakses lembaga jasa keuangan formal sesuai kebutuhannya. Dengan demikian masyarakat kita terbiasa mengelola keuangan untuk masa depan yang lebih baik di tengah tantangan globalisasi,” katanya melalui siaran persnya, Minggu (29/10/2023)

Pria yang akrab disapa Prima ini menegaskan, literasi keuangan tersebut bertujuan untuk membiasakan diri sejak dini menganalisis keuangan pribadi, sehingga pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan tujuan yang lebih jelas. "Oleh karenanya, pelajar pun sejak dini perlu diperkenalkan dengan lembaga jasa keuangan formal, baik bank maupun non bankan," katanya.

Dalam kesempatan kali ini BRI Finance bersinergi dengan induk usaha yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Kantor Cabang Mlati dalam meliterasi pelajar SMP Pamungkas Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Cabang BRI Finance Yogyakarta Wawan Styono bersama tim BRI memberikan informasi kepada para pelajar langkah-langkah menabung di bank. Literasi ini untuk meningkatkan inklusi keuangan secara umum dan sederhana.

“Seperti menekankan kembali pentingnya menabung dan perencanaan keuangan sederhana namun efektif bagi pelajar. Dari mulai anggaran sehari-hari, menyisihkan uang untuk ditabung hingga pengeluaran prioritas,” ujarnya.

Harapannya para pelajar dapat mempersiapkan keuangan pribadi yang lebih matang. Di sisi lain, pelajar dapat dan tak ragu mengakses lembaga jasa keuangan formal sesuai dengan kebutuhannya.

“Jadi sejak dini sudah paham bagaimana mengelola keuangan. Juga mengetahui dan bisa mengakses lembaga jasa keuangan formal agar mereka bisa merencanakan keuangannya lebih matang ketika dewasa nanti dan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di wilayah Yogyakarta,” lanjutnya.

CSR Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Seiring dengan pelaksanaan literasi keuangan kepada pelajar SMP Pamungkas Mlati, BRI Finance juga melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) di SMP tersebut. Menurut Wawan program CSR ini merupakan tanggung jawab moral perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingan termasuk pekerja, debitur dan masyarakat secara umum.

"Program CSR ini sebagai dukungan nyata BRI Finance terhadap aspek sosial kemasyarakatan dan pendidikan. Melihat kurang meratanya pendidikan di Indonesia, BRI Finance mengambil langkah untuk menunjang pendidikan di DIY khususnya di SMP Pamungkas Mlati, Sleman “, ujar Wawan.

Bantuan CSR diberikan dalam bentuk bantuan dana penunjang pendidikan untuk pelajar yang mempunyai latar belakang kurang mampu. Agar pelajar tersebut dapat melanjutkan pendidikan yang layak. Selain itu, BRI Finance membantu peremajaan fasilitas dan prasarana sekolah yang saat ini masih bersifat semi permanen.

“Bangunan tersebut seringkali mengalami kerusakan infrastruktur. Sehingga dengan dilakukannya peremajaan fasilitas dan prasarana di sekolah ini, diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam proses belajar mengajar yang lebih baik lagi,“ kata Wawan.

Dia menjelaskan, melalui program CSR ini diharapkan dapat mendukung pendidikan yang lebih berkualitas khususnya di SMP Pamungkas Mlati. Sebab, masih banyak masyarakat yang mengalami keterbatasan dalam mengenyam pendidikan dikarenakan ketidakmampuan secara ekonomi, keterbelakangan intelegensi, maupun keterpaksaan keadaan lainnya yang tidak memungkinkan mereka untuk bersekolah.

“Program-program CSR yang kami lakukan berupaya untuk menjaga keberlanjutan di masing-masing aspek. Sebagai salah satu anak usaha BUMN, hal ini seiring pula dengan semangat Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang hadir untuk memberikan economic maupun social value,” pungkas Wawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement