Advertisement

Tiga Kapanewon di Kulonprogo Dapat Bantuan 150.000 Liter Air Bersih

Catur Dwi Janati
Selasa, 31 Oktober 2023 - 20:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Tiga Kapanewon di Kulonprogo Dapat Bantuan 150.000 Liter Air Bersih Suasana droping air bersih di RT 41 Dukuh Sangon II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Di tengah musim kemarau yang melanda, berbagai elemen bahu membahu membantu masyarakat yang mengalami kekeringan. Teranyar beberapa kapanewon di Kulonprogo mendapat gelontoran bantuan 150.000 liter air bersih.

Bantuan 150.000 liter air bersih tersebut diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Wates kepada warga di Kapanewon Kokap, Girimulyo dan Kalibawang. Bantuan air bersih langsung disalurkan kedalam bak tandon air yang berada di pinggir jalan dan musala setempat.

Advertisement

BACA JUGA: Hore! Jembatan Penghubung antara Tol Solo Jogja dengan Tol Trans Jawa Dipasang

Pimpinan Cabang BRI Wates, Sri Susilo ini menuturkan masing-masing kapanewon di atas akan mendapatkan sebanyak 10 tangki. Yang mana kapasitas satu tangkinya mampu menampung 5000 liter air bersih. Sehingga total bantuan air bersih untuk tiga kapanewon mencapai 150.000 liter.

"BRI sebagai perusahaan pemerintah, di samping mengejar profit, tetapi tetap mengedepankan Corporate Social Responsibility (CSR). Apalagi banyak saudara kita di tahun 2023 ini kekeringannya cukup panjang. Kita berempati dan semoga masyarakat tambah semangat beribadah," kata Sri dalam rilis yang diterima pada Selasa (31/10/2023).

Penyaluran air bersih ini lanjut Sri, dilakukan sesuai dengan kapasitas bak penampungan air bersih yang dimiliki warga. Karenanya penyaluran air bersih tidak dilakukan sekaligus.

Staf Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kulonprogo, Suyatno menerangkan saat ini BPBD telah mengantongi jadwal dropping air bersih di wilayah kekeringan Kabupaten Kulonprogo. Pengiriman bantuan air bersih dari BRI akan menyesuaikan dengan jadwal BPBD.

"Kita memprioritaskan daerah-daerah yang sangat membutuhkan air bersih. Mudah-mudahan 10 tanki dari BRI untuk wilayah Kapanewon bisa sesuai dengan tempat yang sudah kita jadwalkan. Penyalurannya bisa empat atau lima titik kekeringan," ungkapnya.

BACA JUGA: Puluhan Pelajar di Kulonprogo Ikut Skrining Merokok

Sementara itu Ketua RT 41/RW 12 Sangon II, Heritriyatno sebagai salah satu lokasi yang menerima bantuan ini mengucapkan terima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan kepada warga Sangon II. Untuk pembagian air bersih, warga menggunakan selang yang disalurkan ke rumah masing-masing dan ada yang langsung mengambil dari bak tandon air.

"Selang itu disalurkan ke rumah-rumah warga yang ada di bawah. Pembagiannya, satu malam ke rumah warga satu, kemudian malam berikutnya ke rumah warga lain. Tetapi kalau airnya terbatas pembagiannya berdasarkan jam," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Adik Perempuan Kim Jong-un Bantah Isu Ekspor Senjata ke Rusia

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement