Advertisement

Ratusan Kendaraan Dinas dan Operasional YIA Jalani Uji Emisi

Catur Dwi Janati
Selasa, 31 Oktober 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Ratusan Kendaraan Dinas dan Operasional YIA Jalani Uji Emisi PT. Angkasa Pura I menggandeng Balai Laboratorium Lingkungan, DLHK DIY melakukan uji emisi kendaraan dinas dan operasional di kawasan YIA pada Senin (30/10/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT. Angkasa Pura I menggandeng Balai Laboratorium Lingkungan, DLHK DIY melakukan uji emisi kendaraan dinas dan operasional di kawasan YIA.

PGS. General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta, Misranedi menerangkan dasar digelarnya uji emisi kali ini malah SKEP/124/VI/2009 tentang pedoman pelaksanaan bandar udara ramah lingkungan. Langkah uji emisi ini merupakan bentuk penyelarasan pedoman tersebut dengan kondisi di lapangan.  "Ada beberapa kendaraan di operasional yang akan diuji emisi," ungkapnya di Halaman Grha Angkasa Pura I YIA, Senin (30/10/2023).

Advertisement

Lokasi uji emisi dibagi menjadi dua titik, yakni uji kendaraan di sisi udara (air side) yang dilaksanakan di Gedung Sub-station ARFF dan ini kendaraan di sisi darat (land side) yang dilakukan di selasar parkir Grha Angkasa Pura I YIA. 

Adapun kendaraan yang menjalani uji emisi terbagi dalam beberapa jenis. Di antaranya ada lima unit kendaraan roda dua, 58 unit kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan 119 unit kendaraan roda empat atau lebih berbahan bakar solar. 

BACA JUGA: 34 Mobil di Jogja Uji Emisi, Satu Tak Lolos

Kepala Balai Laboratorium Lingkungan, DLHK DIY, Reni Anggraeni menjelaskan ads tiga tim yang diterjunkan untuk melakukan uji emisi kendaraan dinas dan operasional di YIA. Kendaraan yang menjalani uji emisi akan diperiksa tingkat HC dan CO yang dihasilkan. Bila tidak melebihi ambang baku mutu, kendaraan akan dinyatakan lolos uji emisi. 

"Kalau itu di atas baku mutu mungkin perlu perawatan yang rutin atau apa akan keluar, kan terlihat di bawah baku mutu atau di atas baku mutu. Nanti akan terlihat, ketika itu di atas [baku mutu] mungkin itu tentunya kan pembakarannya kurang bagus," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ungkap Praktik Mafia Tanah, Ini Solusi yang Ditawarkan AHY

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement