Advertisement

Tes PPPK Dilaksanakan Pertengahan Bulan Ini

David Kurniawan
Rabu, 01 November 2023 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Tes PPPK Dilaksanakan Pertengahan Bulan Ini Ilustrasi. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Panitia Seleksi Daerah (Panselda) telah menyelesaikan proses pendaftaran calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Gunungkidul. Tahapan selanjutnya tes kompetensi dasar yang rencananya dilaksanakan pertengahan bulan ini.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan dan Data Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Faarid Juni Haryanto mengatakan tahapan pendaftaran sudah selesai. Total ada 1.083 peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes kompetensi dasar P3K.

Advertisement

Ia tidak menampik, peserta yang akan mengikuti tes ada tambahan. Pasalnya, saat pengumuman hasil seleksi administrasi yang dinyatakan lolos hanya 1.056 orang, namun karena ada masa sanggah terdapat 27 pendaftar yang mengajukan keberatan dan hasilnya diterima sehingga dapat mengikuti tahapan tes berikutnya. “Yang mengajukan protes ada sekitar 159 orang, tapi tidak semua diterima. Jadi, yang berhak tes kompetensi dasar sebanyak 1.083 orang,” kata Farid, Rabu (11/1/2023).

Menurut dia, jadwal dan lokasi tes kompetensi dasar telah ditentukan. Rencananya tes berbasis komputer dilaksanakan mulai 14-21 November 2023 di Kota Jogja. “Akan dilaksanakan serentak dan dilakukan secara bergantian antar kabupaten kota di DIY,” katanya.

Farid mengungkapkan, untuk kepastian jawdal CP3K Gunungkidul masih akan dibahas dengan Pemerintah DIY. “Kalau jadwal awal, untuk Gunungkidul akan dilaksanakan di hari terakhir tes. Tapi, untuk kepastian masih menunggu hasil koordinasi dengan Pemerintah DIY,” katanya.

BACA JUGA: Orientasi di Wilayah Kerja bagi PPPK Kankemenag Kulonprogo Digelar Mulai Pekan Ini

Farid berharap kepada peserta yang akan mengikuti tes untuk benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. “Nanti daftar dan jadwal seleksi akan kami bagikan sebelum pelaksanaan tes,” katanya.

Kepala BKPPD Gunungkidul, Iskandar meminta kepada peserta CP3K untuk tidak memercayai adanya modus penipuan berkedok membantu didalam penerimaan. Menurut dia, proses penerimaan sangat bergantung dengan kemampuan masing-masing peserta.

“Kalau ada yang memberikan iming-iming bisa membantu dan meminta imbalan merupakan modus penipuan. Sebab, proses penerimaan semuanya gratis,” kata Iskandar.

Menurut dia, sempat ada masa perpanjangan pendaftaran sehingga berdampak terhadap tahapan dalam rekrutmen. Meski ada perubahan ia berharap pelaksanaan di Gunungkidul dapat berjalan dengan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement