Advertisement

UAJY Gelar Pelatihan Cegah Fraud dalam Perusahaan

Ujang Hasanudin
Kamis, 02 November 2023 - 13:57 WIB
Ujang Hasanudin
UAJY Gelar Pelatihan Cegah Fraud dalam Perusahaan UAJY Gelar Pelatihan Cegah Fraud dalam Perusahaan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) akan menggelar pelatihan terkait pencegahan fraud atau kecurangan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Pelatihan ini akan digelar di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Kampus 3, Jalan Babarsari No.44, Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman, pada 16-17 November 2023 mendatang.

Namun pendaftaran ditutup pada 8 November.  Pelatihan ini terbuka untuk umum namun diperioritskan untuk dosen bidang keuangan, akuntansi, manajemen, hukum dan psikologi. Selain itu juga manager HRD, keuangan, akuntansi dan audit; serta  pimpinan lembaga keuangan dan perbankan.

Advertisement

Pencegahan fraud di sektor publik dilakukan dengan mengeluarkan berbagai peraturan perundang-undangan yang menetapkan berbagai sanksi yang diharapkan dapat menangkal atau setidak-tidaknya dapat mengurangi tindak fraud. Audit internal adalah salah satu perangkat yang diyakini dapat mendeteksi dan mencegah fraud dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena tanggung jawab auditor internaladalah untuk membantu manajemen mencegah, mendeteksi, menginvestigasi danmelaporkan fraud.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Kombes Pol (Purn) Ir. Lukas Budisantoso, M.Si. Adapun tujuan dari pelatihan tersebut di antaranya memahami pengertian fraud dan investigasi,mempelajari manajemen kejadian dan sasaran investigasi, mengenal  Lie Detector (Polygraph) dan menggunakan alat tes integritas, mendalami investigasi fraud dan akunting forensik, mengetahui fraud factor dan motif, mampu melakukan interview dan interogasi, dan mengenali tanda-tanda kebohongan

Sementara hasil yang dicapai peserta mampu mengenali, mendeteksi adanya fraud di lingkungannya;  secara sederhana mampu melakukan investigasi dengan menggunakan manajemen kejadian; dapat menggunakan alat test untuk mengetahui seseorang memiliki tingkat integritas pada lembaga; mampu menggunakan teknik wawancara baik untuk investigasi, interogasi dan perekrutan karyawan; memiliki kemampuan untuk mendeteksi secara dini terhadap karyawan yang memiliki kecenderungan motif melakukan fraud;  memahami fraud dalam akuntansi;  mampu melakukan tes yang bisa menemukan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KNKT Minta Masyarakat Sewa Bus Pariwisata dari Perusahaan Legal

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement