Advertisement

Jelang Libur Nataru, Dishub Bantul Lakukan Ramp Check Kendaraan Umum dan Wisata

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 02 November 2023 - 17:17 WIB
Stefani Yulindriani Ria S. R
Jelang Libur Nataru, Dishub Bantul Lakukan Ramp Check Kendaraan Umum dan Wisata Dishub Kabupaten Bantul melakukan ramp check kapal wisata di Laguna Depok, Rabu (1/11 - 2023). (Dok. Dishub Bantul)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULDinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul menggelar ramp check pada sejumlah angkutan umum dan angkutan sungai dan danau (ASD) di Kabupaten Bantul. Inspeksi keselamatan tersebut dilakukan untuk menjamin keselamatan penumpang saat libur natal dan tahun baru (nataru).

Kepala Dishub Kabupaten Bantul Singgih Riyadi menuturkan ramp check angkutan jalan dan wisata yang beroperasi di Kabupaten Bantul telah dilakukan secara bertahap. Salah satunya di Laguna Depok, Bantul, Rabu (1/11/2023).

Advertisement

BACA JUGA: JJLS Bantul Dibuka, Pos Retribusi Dibikin Dekat dengan Objek Wisata

“Yang kita ramp check tidak hanya kendaraan bus, tetapi juga ASD di Laguna Depok, sehingga kapal yang beroperasi di sana juga kita lakukan ramp check agar selama event wisata saat nataru ada jaminan armada memenuhi syarat keselamatan,” katanya. 

Dia menuturkan dari hasil ramp check, ASD di Laguna Depok antara lain kapal wisata dan jet ski dalam kondisi layak beroperasi. Pengecekan tersebut dilakukan terhadap kondisi fisik dan mesin kapal, serta alat keselamatan yang tersedia.

“Kapal wisata disana relatif baru, secara umum hasilnya [ramp check] bagus dan layak untuk beroperasi. Armada wisata di Laguna Depok kita berikan pembinaan intensif dan alat kesempatan antara lain pelampung dan alat navigasi,” katanya. 

Menurut Singgih dalam operasional ASD, petugas dan penumpang telah diberikan edukasi mengenai standar keselamatan pelayaran ASD. Dalam standar keselamatan tersebut, menurut dia, penumpang diwajibkan menggunakan pelampung, sementara petugas wajib menyediakan alat keselamatan dan mitigasi laka air. 

Sementara sebelumnya juga telah dilakukan ramp check pada tiga perusahaan otobus di wilayah Bantul. “Secara umum kondisinya baik, hanya satu dua ada yang kami rekomendasikan untuk dilakukan perbaikan, terutama rem,” katanya. 

Dia pun mengimbau agar perusahaan Otobus dapat menyiapkan kendaraannya yang akan digunakan selama nataru. 

BACA JUGA: Viral Puisi Gus Mus: Ada Keripik Rasa Keju dan Ikan, Ada Republik Rasa Kerajaan

“Imbauan dari kita, apabila perusahaan Otobus menyiapkan angkutan nataru, harus dipastikan kendaraan layak pakai. Artinya hasil ramp check yang lolos uji bisa digunakan. PO bus juga harus bertanggung jawab terhadap kondisi petugas baik fisik dan psikologis harus dalam kondisi sehat. Sehingga ketika membawa penumpang dapat menjamin keselamatan penumpang,” katanya. 

Sementara menurut dia, izin trayek bus pada tiga perusahaan otobus tersebut masih berlaku. "Kita baru melakukan ramp check sekali [angkutan wisata Laguna Depok], kebijakan dari Kementerian [Kemenhub] untuk melakukan ramp check terhadap angkutan Nataru dan angkutan wisata. Sehingga baru kita lakukan ramp check sekali [angkutan wisata Laguna Depok], nanti bisa kita program kan secara rutin untuk ramp check disana,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut di Subang, KPAI Minta PO Bus Bertanggung Jawab

News
| Senin, 13 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement