Advertisement

Kapal Nelayan di Kulonprogo Karam Diterjang Ombak, Satu Kuintal Ikan Tangkapan Hilang

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 02 November 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Kapal Nelayan di Kulonprogo Karam Diterjang Ombak, Satu Kuintal Ikan Tangkapan Hilang Anggota SAR SRI Wilayah V Kulonprogo (kanan) dan petugas gabungan melakukan evakuasi kapal karam di Pantai Congot, Jangkaran, Temon, Kulonprogo pada Kamis (2/11/2023). - Istimewa/SAR SRI Wilayah V Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—SAR Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo menerima laporan tentang kapal nelayan yang karam diterjang ombak di Pantai Congot pada Kamis (2/11/2023) pukul 05.15 WIB. Kejadian tersebut juga membuat hasil tangkapan ikan hilang.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan bahwa kapal tersebut dinaiki oleh Arip, 20, dan Wardoko, 35, warga Temon; dan Aping, 45, warga Kokap.

Advertisement

“Kronologinya, Perahu Harapan Jaya akan mendarat tetapi perahu tersusul ombak besar dari arah Selatan. Ombak menimpa perahu sehingga kendem [karam]. Hasil tangkapan ikan jadi hilang,” kata Aris dihubungi, Kamis (2/11/2023).

Aris menambahkan ketika kejadian pihaknya yang sedang bertugas langsung menuju tempat kejadian dan mengevakuasi. Semua awak perahu pun dapat diselamatkan sampai di daratan.

BACA JUGA: Gelombang Tinggi! BMKG Imbau Masyarakat Hati-hati Beraktivitas di Pesisir

Hanya saja, Wardoko yang merupakan anak buah perahu mengalami lemas dan dievakuasi ke RSUD Wates menggunakan ambulans. “Perahu mengalami kerusakan. Perahu patah dan katir patah keduanya,” katanya.  

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap telah menerbitkan prakiraan cuaca wilayah DIY. Melalui prakiraan tersebut diketahui bahwa tinggi gelombang masuk kategori sedang dengan kecepatan angin Timur-Tenggara yaitu 4-15 knot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Pastikan Udara Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini Bukan Heatwave, Ini Penjelasannya

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement