Advertisement

Mulai 2024, Kota Jogja Gunakan Teknologi Pemusnah Sampah Tanpa Asap dan Debu

Alfi Annissa Karin
Senin, 06 November 2023 - 07:47 WIB
Sunartono
Mulai 2024, Kota Jogja Gunakan Teknologi Pemusnah Sampah Tanpa Asap dan Debu Petugas memberikan tumpukan sampah yang menggunung di kawasan Kotabaru, Selasa (10/10 - 2023). (IST)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menggandeng pihak swasta untuk mengelola sampah menggunakan teknologi pemusnah yang tidak memiliki dampak asap dan debu. Realisasi pengelolaan ini diperkirakan berjalan pada 2024 mendatang.

Adapun penandatanganan kerja sama dengan salah satu perusahaan pengelolaan sampah yang siap mengelola tersebut telah dilakukan bersama Pemkot Jogja pada Oktober 2023 lalu. Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut saat ini telah dilakukan penyiapan lahan. Adapun teknologi pemusnah yang diterapkan yaitu sampah tersebut dibakar dengan menggunakan teknologi yang mutakhir.

Advertisement

BACA JUGA : Dana Keistimewaan Juga untuk Membantu Penanganan Sampah

“Sehingga tanpa asap dan minim abu. Diperkirakan nanti di bulan Februari sudah komplit menerima 60 ton [sampah per hari," kata Singgih di Balai Kota Jogja pekan lalu.

Cara ini menjadi salah satu strategi Pemkot Jogja untuk mengurangi tonase sampah. Melalui teknologi ini diharapkan pengurangan sampah bisa mencapai 60 ton perhari.

"Sekarang mulai penyiapan kerja sama antara BUMD kita Jogjatama Vishesha. Sangat intens sekali melakukan bussiness to bussiness," ujar Singgih.

Tak hanya mengandalkan teknologi, Pemkot Jogja juga tak henti-hentinya melakukan edukasi kepada masyarakat. Sampah, lanjut Singgih, harus dipilah dan dipilih sebelum dibuang ke depo. Ini dilakukan untuk mengurangi volume sampah di depo.

BACA JUGA : Warna Warni Lampion Bank Sampah Rotersih Ikuti Kompetisi di Kota Jogja

"Pilih dan pilah sampah ini adalah satu strata paling tinggi. Sehingga yang dikirim ke depo adalah sampah residu yang tidak bisa diolah ke sumbernya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement