Advertisement

Dekranasda Sleman Siapkan Regenerasi SDM Perajin Batik Unggul

Media Digital
Senin, 06 November 2023 - 19:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dekranasda Sleman Siapkan Regenerasi SDM Perajin Batik Unggul Kru Batik Sleman 2023 yang terdiri dari berbagai elemen berfoto bersama (IST)

Advertisement

SLEMAN—Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman menyiapkan regenerasi sumber daya manusia (SDM) perajin batik yang unggul.

Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sleman, Abdul Kadir mengatakan Gebyar Batik Sleman 2023 merupakan program kerja Dekranasda Kabupaten Sleman dari Pengurus Dekranasda Kabupaten Sleman periode 2021-2026 yang berkelanjutan. Kegiatan ini untuk melestarikan warisan budaya tak benda Batik serta mengoptimalkan promosi serta branding batik Sleman.

Advertisement

“Seluruh rangkaian kegiatan Gebyar Batik Sleman 2023 kali ini tentunya kami harapkan semakin meningkatkan kolaborasi antara produk batik Sleman dengan produk fesyen dan kerajinan,” kata dia dalam penutupan Gebyar Batik Sleman 2023 seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima, Senin (6/11/2023).

Kegiatan yang menggandeng berbagai pihak seperti dengan PHRI Sleman ini diharapkan dapat mengeratkan pelaku perhotelan pariwisata dengan perajin batik Sleman maupun pelaku IKM Sleman lainnya.

“Melalui penyelenggaraan pameran Gebyar Batik Sleman 2023 ini kita bisa melakukan upaya-upaya yang konsisten untuk menembus lintas generasi dalam menyiapkan regenerasi SDM perajin yang unggul. Hal ini juga sesuai dengan tema JIBB 2023 yang telah diselenggarakan Dekranasda DIY yang mengusung tema Borderrless Batik,” ujarnya.

Selain memperkuat pertahanan terhadap disrupsi informasi pasar online, perajin batik Sleman maupun pelaku IKM Sleman lainnya kita harapkan terus berupaya bersama meningkatkan daya saing produk yang hasilnya bisa didapatkan masyarakat dengan mudah dan dengan harga terjangkau melalui pemasaran offline seperti Gebyar Batik Sleman 2023 kali ini maupun kegiatan lainnya di masa yang akan datang.

“Mari kita kuatkan batik Sleman serta produk kerajinan dan fesyen kita, melalui kegiatan-kegiatan kolaboratif sebagai wujud nyata kebanggan kita terhadap produk dalam negeri, produk lokal Sleman,” ucap dia. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Respon Ajakan Prabowo, Presiden Ingin Pertemuan Presidential Club Digelar Dua Hari Sekali

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement