Advertisement

Kulonprogo Godog Motif Batik Baru, Terinspirasi Penderes Nira

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 07 November 2023 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Kulonprogo Godog Motif Batik Baru, Terinspirasi Penderes Nira Ilustrasi batik. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulonprogo sedang menggagas pembuatan motif batik baru khas Kulonprogo. Motif tersebut akan menggali kearifan lokal yang ada di Kulonprogo.

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kulonprogo, Ade Wahyudiyanto mengatakan jajarannya saat ini sedang menggali hal-hal yang ada di Kulonprogo untuk memunculkan motif batik baru.

Advertisement

"Terkait dengan desain baru untuk batik, sedang kami gali untuk memunculkan motif baru lagi selain batik geblek renteng agar tidak jenuh dengan desain atau motif yang sudah ada," kata Ade dihubungi, Selasa (7/11/2023).

Ade menambahkan kendati masih menggali, tetapi Disdagin telah berencana mengakomodasi motif batik gula setangkep. Motif tersebut sudah diproduksi di Kelompok IKM di Hargorejo, Kokap.

BACA JUGA: Gandeng IKM, Kenalkan Batik untuk Generasi Z

Sementara itu, Kepala Disdagin Kulonprogo, Sudarna, mengatakan gagasan untuk meresmikan motif batik baru khas Kulonprogo masih sebatas obrolan dan belum pasti. “Baru rasan-rasan saja. Belum fiks. Tetapi motif baru itu perlu untuk menambah khasanah. Artinya menambah motif ya, bukan mengganti apalagi menghilangkan yang sudah ada,” kata Sudarna.

Dia juga mengaku kearifan lokal dari para penderes nira melalui wujud gula setangkep telah masuk tahap inventarisasi motif. Kendati demikian, Disdagin masih akan menggali motif lain. “Sedang dalam penggalian [motif] dan perlu didiskusikan lintas pemangku kepentingan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Setinggi 3 Meter di Luwu Sulsel Sebabkan 14 Warga Meninggal Dunia

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement