Advertisement

Memupuk Rasa Nasionalisme, Siswa SMPN 2 Jogja Berziarah ke TMP Kusumanegara

Media Digital
Kamis, 09 November 2023 - 15:27 WIB
Maya Herawati
Memupuk Rasa Nasionalisme, Siswa SMPN 2 Jogja Berziarah ke TMP Kusumanegara Suasana ziarah SMPN 2 Jogja ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara untuk meningkatkan rasa nasionalismedan kepemimpinanpara siswa, Kamis (9/11 - 2023).

Advertisement

JOGJA—SMPN 2 Jogja mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kusumanegara pada Kamis pagi (9/11/2023). Kunjungan ziarah itu diikuti seluruh siswa di SMPN 2 Jogja bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme.

Total ada 636 siswa dan puluhan guru serta pegawai SMPN 2 Jogja yang berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara. Saat ziarah, para siswa, guru, dan pegawai ini mengadakan upacara terlebih dahulu.

Advertisement

Wakil Kepala SMPN 2 Jogja Chaerul Arifin Anjarwoto yang memimpin upacara dan seluruh proses kunjungan ziarah tersebut meminta para siswanya meneladani jasa-jasa pahlawan. “Kenikmatan dan kemerdekaan yang diperoleh hari ini adalah jerih payah para pahlawan, perjuangan pahlawan untuk terus mengembangkan negara dan bangsa ini perlu diteladani dan diteruskan,” katanya.

BACA JUGA: Tersengat Tawon Sekujur Tubuh, Warga Bantul Pingsan di Saluran Irigasi

Chaerul menjelaskan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara merupakan program rutin SMPN 2 Jogja. “Kemarin saat pandemi sempat terhenti sekarang kami lanjutkan lagi karena ini bagian penting dalam pendidikan karakter juga,” katanya.

SMPN 2 Jogja memiliki motto The School of Leadership, jelas Chaerul, sehingga kegiatan ziarah ini diharapkan meningkatkan kepemimpinan siswa-siswanya berkaca dari pahlawan-pahlawan yang ada. “Agar jargon itu tak sekedar jargon dan ada implementasi nyatanya ditunjukan dengan program-program yang meningkatkan dan mengasah kepemimpinan siswa-siswi kami,” ungkapnya.

Pendidikan karakter siswa SMPN 2 Jogja dengan ziarah dapat meningkatkan pemahaman yang lebih emosional terkait pentingnya sikap nasionalisme dan kepemimpinan. “Jadi siswa-siswa dapat memiliki pengalaman langsung berhadapan dengan pahlawan-pahlawan meskipun sudah tiada, tapi kami yakin akan membangkitkan sisi emosional siswa dengan bertemu di makam ini dan dijadikan teladan baik bagi siswa,” jelasnya. (***)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement