Advertisement

Rianty Batik Kampanyekan Batik for All Generation di Kawasan Malioboro

Abdul Hamied Razak
Minggu, 12 November 2023 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Rianty Batik Kampanyekan Batik for All Generation di Kawasan Malioboro Rianty Batik Malioboro melakukan kampanye bertajuk Batik for All Generation di Kawasan Malioboro, Sabtu (11/11 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Untuk memasyarakatkan batik, Rianty Batik Malioboro melakukan kampanye bertajuk “Batik for All Generation” di Kawasan Malioboro. Even ini diisi dengan rangkaian kegiatan untuk menarik pengunjung yang datang ke kawasan Malioboro.

Selain fashion show, rangkaian kegiatan juga diisi dengan pentas musik, tari-tarian dan dance. Sudah tentu, seluruh pementas mengenakan batik dan busana berakses batik, sebagai bagian dari upaya terus mengenalkan salah satu budaya Nusantara ini ke khalayak.

Advertisement

CEO Rianty Batik, Aditya Suryadinata mengatakan atraksi yang digelar di Kawasan Malioboro diharapkan menjadikan batik semakin dikenal luas oleh masyarakat. Bukan hanya warga Jogja, tapi juga bagi para pelancong yang sedang berkunjung ke Kota Batik Dunia ini.

BACA JUGA: Brand Fashion Tunique Ikut Ramaikan Gelaran Jogja Fashion Week 2023

“Kempanye ini merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun kami ke 16. Kami gelar saat peak season dan kunjungan ke Malioboro ramai. Supaya apa? Supaya makin banyak yang melihat kalau batik menjadi bagian penting dari Jogja dan Indonesia,” kata Aditya di sela kegiatan, Sabtu (11/11/2023).

Dia menjelaskan “Batik for All Generation”, menjadi wujud ekspresi seni generasi muda untuk melestarikan batik. Melalui event ini, Rianty Batik ingin mengenalkan batik melalui ekspresi seni yang lebih melekat pada generasi muda melalui kreativitas tanpa batas. 

Selain sebagai brand awareness, perayaan anniversary ini juga bertujuan untuk menjadikan batik sebagai identitas sehari-hari, mulai dari anak muda hingga orang tua. Bagi Rianty Batik, event ini juga menjadi ajang pembuktian karya-karya eksklusif mereka ke masyarakat.

“Ada 30 model dewasan dan belasan model anak-anak. Yang paling muda usia 4 tahun. Ini cara kami mengenalkan batik dan menanamkan cinta batik sejak dini ke anak-anak,” lanjut Adit.

Rianty Batik sendiri dirintis oleh orangtua Aditya, Suryadi Suryadinata pada 8 November 2006. Berawal dari satu toko di Jalan Malioboro, gerai Rianty Batik saat ini berkembang pesat menjadi 13 gerai di sejumlah kota besar di Indonesia. 

Gerai Rianty Batik bisa ditemui di Medan, Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Rianty Batik adalah brand fashion lokal asli Jogja, yang menghadirkan kerajinan batik tradisional ke dalam bentuk rancangan fashion modern dengan tagline “Pesona Budaya Nusantara”. 

“Kami terus berinovasi hingga menghasilkan fashion batik dengan kualitas premium dan membuka beberapa cabang di luar kota,” kata Suryadi.

BACA JUGA: Busana Ulos Rejuvenation Berbahan Limbah Ramaikan JFW 2023

Koleksi Rianty Batik memiliki keunggulan dalam hal eksklusivitas karya, tambah Aditya, lantaran seluruh desain dibuat sendiri oleh tim kreatif internal. Koleksi batik ini juga memadukan karya seni dan teknologi, sehingga memiliki kualitas tinggi, awet serta nyaman dipakai.

Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, gerai ini terus berinovasi dalam hal melahirkan motif batik dengan beragam kombinasi unik yang selas dengan filosofi budaya dan tren.

“Kebanyakan dari koleksi kami adalah batik untuk family atau keluarga. Jadi batik-batik sarimbit. Tapi sebagai pegiat batik, kami juga terus berupaya menciptakan karya untuk kids dan remaja, Perempuan, couple maupun seragam. Jadi target kami adalah, bagaimana mendorong masyarakat kita semakin terbiasa dan cinta dengan batik,” pungkas Aditya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tangkap 300 Demonstran Pro Palestina di New York

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement