Advertisement

Debit Air di Kalisuci Menyusut, Aktivitas Tubing Jadi Lebih Lama

David Kurniawan
Minggu, 12 November 2023 - 13:37 WIB
Ujang Hasanudin
Debit Air di Kalisuci Menyusut, Aktivitas Tubing Jadi Lebih Lama Sejumlah pengunjung sedang menyusuri aliran Kalisuci di Kalurahan Pacarejo, Semanu. Foto diambil pertengahan Oktober 2023. - Istimewa / dok.Dispar Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kemarau panjang berdampak terhadap menurunnya debit air di Sungai Kalisuci di Kalurahan Pacarejo, Semanu. Hal ini pun berdampak terhadap aktivitas cave tubing yang penyusurannya jadi lebih lama dari biasanya.

Salah satu pengelola wisata Cave Tubing Kalisuci, Winarto mengatakan, kemarau panjang yang terjadi di tahun ini berdampak menyusutnya aliran di Kalisuci. Penurunan debit antara 1-1,5 meter dari waktu normal.

Advertisement

Ia memastikan destinasi wisata cave tubing tetap buka seperti biasanya. Namun demikian, adanya penurunan debit di aliran Sungai berdampak terhadap aktivitas penyusuran.

Di waktu normal, waktu tempuh sekali penyusuran berlangsung sekitar satu jam. Namun pada saat sekarang, dengan jarak penyusuran yang sama jadi lebih lama antara 1,5-2 jam.

Kondisi ini terjadi karena aliran Sungai yang mengecil serta terjadi pendangkalan sehingga berpengaruh terhadap laju ban yang dipergunakan dalam penyusuran. “Tetap buka setiap hari guna melayani kunjungan wisatawan. Untuk pengunjung lokal [Indonesia] dipatok Rp120.000 per orang dan wisatawan asing Rp200.000 sekali penyusuran,” kata Winarto, Minggu (12/11/2023).

Disinggung mengenai kunjungan sekarang ini, ia mengakui kondisinya relatif sepi. Di hari biasa hanya ada kisaran 20 orang, sedangkan libur Sabtu-Minggu di kisaran 50 orang yang menyusuri Kalisuci.

BACA JUGA: Tutup 10 Hari Akibat Cuaca Ekstrem, Begini Kondisi Objek Wisata Kalisuci

Menurut dia, keberadan Cave Tubing Kalisuci merupakan salah satu wisata minat khusus di Gunungkidul. Oleh karenanya, ia mematikan keamanan menjadi prioritas utama dalam penyusuran.

Selain itu, juga diberlakukan pembatasan kunjungan. Setiap harinya pengelola membatasi kunjungan maksimal 250 orang.

“Setiap penyusuran wisatawan wajib menggunakan helm dan pelampung untuk keselamatan,” katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Priyanta mengatakan, pihaknya sudah membuat surat edaran tentang peningkatan pengawasan terhadap atraksi wisata yang memiliki resiko tinggi. Langkah ini sebagai upaya keamanan dan kenyamanan selama kunjungan.

Dia menjelaskan, ada tujuh yang harus diperhatikan oleh pengelola seperti memastikan SOP yang berlaku sesuai dengan atraksi wisata secara konsisten dan disiplin. Menurutnya, di Gunungkidul banyak wisata minat khusus, salah satunya Cave Tubing Kalisuci.

Selain itu, juga ada imbauan perawatan secara berkala terhadap atraksi wisata yang dimiliki, dan melakukan penggantian apabila diperlukan. “Kami terus berupaya melakukan montoring agar wisata minat di Gunungkidul berkembang dan sisi keamanan juga benar-benar terjamin,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement