Advertisement

Lulusan Perguruan Tinggi Dituntut Inovatif dan Berkontribusi untuk Masyarakat

Newswire
Senin, 13 November 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Lulusan Perguruan Tinggi Dituntut Inovatif dan Berkontribusi untuk Masyarakat Foto ilustrasi wisuda lulusan perguruan tinggi. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Lulusan perguruan tinggi diharapkan bisa berkontribusi terhadap berbagai persoalan di lingkungan masyarakat sekitarnya. Selain itu harus mampu menciptakan peluang dengan tidak semata-mata bergantung terhadap terbukanya lapangan kerja.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Muhammad Nabawi mengatakan di era saat ini sarjana memiliki beban yang tidak ringan. Di satu sisi persaingan kian ketat, namun di sisi lain memiliki tanggungjawab moral untuk membantu mengatasi persoalan di sekitarnya. Oleh karena itu setiap lulusan perguruan tinggi harus inovatif, bisa beradaptasi dan mampu membaca peluang.

Advertisement

BACA JUGA : Para Perempuan di Jantung Perguruan Tinggi UMY

“Harapan semua orang ketika lulus ke depan adalah bisa diterima di semua instansi pemerintah maupun swasta atau berwirausaha sesuai skillnya. Tetapi paling penting bagaiman dia bisa berinovasi dan memberikan kontribusi dalam menangani persoalan di lingkungan masyarakat terdekatnya,” kata Nabawi dalam pelaksanaan wisuda UCY  sarjana periode XLII TA 2022/2023 di Ballroom Sahid Raya Hotel, Kamis (9/11/2023). Dalam kesempatan itu kampus ini mewisuda sebanyak 153 lulusan dari berbagai program studi.

Guru Besar Fakultas Teknik UGM Profesor Bambang Supriyadi menambahkan inovasi menjadi multak diperlukan bagi setiap lulusan perguruan tinggi di era serba kompleks seperti saat ini. Sarjana juga diharapkan mampu memberikan sumbangsih dalam memecahkan berbagai persoalan bangsa.

“Maka perguruan tinggi juga harus melakukan inovasi, karena ini penting untuk menjadi kunci dari daya saing. Inovasi ini bisa bermacam-macam, bisa teknologi, sosial dalam mengatasi atau merespons suatu persoalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement