Advertisement

Konser Saosin di Jogja, Penebusan Rindu 13 Tahun

Anisatul Umah
Senin, 13 November 2023 - 02:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Konser Saosin di Jogja, Penebusan Rindu 13 Tahun Penampilan Saosin dalam Wild Ground Fest 2023 di area Candi Prambanan, Sleman, Minggu (13/11 - 2023). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Saosin menyapa penikmat musik di Indonesia dalam Wild Ground Fest 2023 di area Candi Prambanan, Sleman, Minggu (13/11/2023).

Penampilan band asal Newport Beach, California, Amerika Serikat menuntaskan kerinduan fans setelah terakhir kali ke Indonesia pada 13 tahun lalu. Membawakan 12 lagu, Saosin menjadi band penutup serangkaian Wild Ground Fest yang berlangsung selama dua hari, dari 12-13 November 2023.

Advertisement

Lagu It's Far Better to Learn menjadi pembuka, dan dilanjutkan dengan Sleepers. Setelah dua lagu, Vokalis Saosin, Cove Reber, mengatakan apabila dia senang bisa kembali ke Indonesia. Meski sudah belasan tahun, dia masih mengingat ‘keliaran’ para penonton konsernya di Indonesia. "Dan kenangan itu akan bertambah malam ini," ucapnya.

BACA JUGA: Majelis Permusyawaratan Rembang Sowan ke Gus Mus, GM: Ada Potensi Pemilu Tak Jurdil

Band yang terbentuk sejak 2003 ini melanjutkan kemeriahan konser dengan membawakan lagu Lost Symphonies, Bury Your Head, I Can Tell There Was an Accident Here Earlier, Come Close, sampai Zero. Setiap jeda lagu, para personil tidak jarang berinteraksi dengan penonton.

Seperti Cove yang tidak percaya bisa kembali ke Indonesia setelah sekian lama. Dahulu, dia berpikir hanya bisa sekali berkunjung ke Indonesia. "Aku berpikir tidak akan ke sini lagi. Tapi saya bersyukur bisa ke sini lagi, Indonesia merupakan tempat terfavoritku di dunia. This is my people," katanya.

Begitu pun dengan gitaris Saosin, Beau Burchell. Beberapa waktu sebelumnya, dia tidak enak badan dan hampir batal untuk naik panggung. "Tapi energi kalian membuat ini tetap berlanjut, saya sangat mengapresiasi," katanya.
Para penonton semakin riuh menjelang akhir konser, termasuk saat lagu hits Saosin seperti Seven Years dan Voices berkumandang. Sebelum lagu terakhir, Cove mengingatkan penonton apabila dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Banyak kekacauan yang terjadi di berbagai negara.

Di tengah kekacauan, Cove merasa perlu lebih banyak cinta yang dibagikan antar manusia di dunia. Tidak perlu merasa malu atau takut untuk mengatakan cinta pada teman, saudara, atau keluarga. Kita tidak tahu, bisa jadi itu ucapan cinta terakhir untuk orang tersayang.

"Dunia perlu banyak cinta. Aku ingin kamu tahu kalau kamu tidak sendiri, kita di sini untukmu. [Apabila kamu merasa sendiri], jika punya teman ajaklah bicara, lihat sekitarmu,” kata Cove sebelum menutup konser dengan lagu You're Not Alone.

"Terima kasih Indonesia, kami berjanji untuk segera kembali dan bertemu kalian. Sampai bertemu lagi, semoga tidak akan terlalu lama."

Salah satu penonton, Wulan, 32 mengaku sudah lama menunggu untuk menonton Saosin secara langsung. Kala itu, Saosin sempat datang ke Indonesia, namun dia masih sekolah dan belum punya cukup uang untuk membeli tiket atau transportasi ke Jakarta.

Di tahun-tahun tersebut, Citra pernah bekerja di toko baju anak muda. Di situlah dia sering mendengarkan lagu-lagu Saosin yang memang sedang naik daun.

"Terus liat ada baliho gede kalau Saosin bakal manggung di Jogja, langsung ngubungin temen-temen buat nonton bareng. Nggak cuma lagunya yang bagus, arti liriknya juga relate," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keamanan Wilayah di Jateng Dinilai Kondusif, Investor Terus Berdatangan

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement