Advertisement

Penempatan Tenaga Kerja Antar Daerah Tahun Ini Sepi

Lugas Subarkah
Selasa, 14 November 2023 - 21:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Penempatan Tenaga Kerja Antar Daerah Tahun Ini Sepi Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Salah satu program Pemkab Bantul dalam menekan angka pengangguran yakni dengan penempatan tenaga kerja, baik antarkerja lokal (AKL), antarkerja antardaerah (AKAD) maupun antarkerja antar negara (AKAN). Sayanganya, tahun ini AKAD sangat sedikit.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul, Istirul, menjelaskan tahun ini AKAD sedang sepi, yang dipengaruhi kondisi ekonomi global. “Tahun ini baru agak sepi, karena kondisi situasi pereekonomian global, perusahaan luar DIY yang berdampak,” ujarnya, Selasa (14/11/2023).

Advertisement

Baca Juga: Tak Ingin Banyak Pekerja ke Luar Negeri, Disnakertrans Bantul: Dampaknya Ngeri

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul, pada 2023, penempatan tenaga kerja totalnya 2.319 orang, dengan rincian AKL 2.210 orang, AKD lima orang dan AKN 105 orang. Jumlah ini berkurang signifikan dibanding tahun sebelumnya, sebanyak 3.681, dengan rincian AKL 3.421 orang, AKD 164 orang dan AKAN 96 orang.

“Tahun kemaren, awal Januari sudah banyak kita tempatkan di perusahaan industri di Batam. Tahun ini sementara baru sedikit. Tapi kemaren sudah ke sana [daerah penempatan] untuk koordinasi dengan perusahaan, insyaallah 2024 awal sudah ada perekrutan lagi,” paparnya.

Baca Juga: Fantastis! Jumlah Pekerja Migran Indonesia Naik 3 Kali Lipat Tahun Lalu

Penempatan tenaga kerja tahun ini juga masih didominasi pada AKL, dengan sektor paling banyak pada industri. “Kebanyakan di antarkerja lokal, jadi menempatkan tenaga kerja di sektor industri, garmen, furniture, dan sebagainya,” ungkapnya.

Berdasarkan tingkat pendidikan, penempatan tenaga kerja tahun ini didominasi lulusan SMK, yakni sebanyak 1.586 orang. Kemudian disusul lulusan SMA sebanyak 302 orang, lulusan S1 108 orang, lulusan SMP 72 orang dan lulusan SD empat orang.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Ini yang Dilakukan Disnakertrans Kulonprogo

Penempatan tenaga kerja ini diharapkan dapat terus menyerap angkatan kerja yang terus bertambah seiring dengan kemunculan lulusan sekolah atau perguruan tinggi baru. “Angkatan kerja kita tiap tahun bertambah, lulusan SMK, SMA, perguruan tinggi, jadi pasti terjadi kenaikan di angkatan kerja,” ungkapnya. 

Meski demikian, tren pengangguran terbuka menurutnya cenderung menurun. Pada 2022, angka pengangguran terbuka Bantul sebesar 4,06% atau sekitar 25.000 orang. Saat ini, jumlah tersebut sudah menurun sekitar 0,2% menjadi sekitar 24.000 orang. “Untuk 2023, target kami menjadi 3,5 persen,” kata dia.

Selain dengan penempatan tenaga kerja, berbagai program juga dilakukan Pemkab Bantul untuk menurunkan angka pengangguran, diantaranya pelatihan dan produktivitas, fasilitasi hubungan industrial dan sebagainya. “Diharapkan dapat memberi sumbangsih pada penurunan pengangguran di Bantul,” ujarnya.

“Kegiatan padat karya memang kita tujuanya memberikan pekerjaan pada saudara kita yang bersifat sementara. Tapi efek yang ditimbulkan sangat besar. Dengan adanya padat karya banyak infrastruktur yang terbangun, misal akses di wilayah terpencil, mempermudah masyarakat untuk melakukan kegiatan dengan jalan yang sudah bagus,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement