Advertisement

Muhammadiyah Siapkan Regenerasi Kepemimpinan Ortom Lewat Pertukaran Pelajar

Newswire
Rabu, 15 November 2023 - 08:07 WIB
Sunartono
Muhammadiyah Siapkan Regenerasi Kepemimpinan Ortom Lewat Pertukaran Pelajar Kegiatan kerja sama pertukaran pelajar di lingkungan SMA Muhammadiyah. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Muhammadiyah melakukan pengkaderan kepemimpinan sejak dini melalui kegiatan pertukaran pelajar di lingkungan sekolah internal organisasi tersebut. Selain meningkatkan wawasan antarpelajar dari sekolah berbeda, sekaligus mempersiapkan regenerasi kepemimpinan organsiasi otonomi Muhammadiyah (Ortom).

Program ini salah satunya dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 3 Jogja yang melakukan penandatanganan MOU Program Pembelajaran Kolaboratif Pendidikan Kader Ortom Muhammadiyah (Pekor-Mu) bersama dengan SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Lampung. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kampus 3 SMA Muhammadiyah 3 Jogja. Penandatanganan MOU ini dilakukan Fitri Sari Sukmawati bersama dengan Wakil  Kepala Sekolah Urusan AIK SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Lampung Muh. Arif Hidayatullah.

Advertisement

BACA JUGA : Ribuan Warga Muhammadiyah Ikuti Salat Id di Gumuk Pasir

“Salah satu tujuan dari program tersebut adalah untuk mempersiapkan regenerasi kepemimpinan Ortom Muhammadiyah. Menempa pimpinan baru ortom dan memberikan input serta pemikiran agar dalam proses kepemimpinan bisa berjalan dengan progresif dan transformatif,” Kata Ketua Majelis Dikdasmen PNF Muhammadiyah Kota Jogja Ishafit dalam keterangannya tertulis

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jogja Fitri Sari Sukmawati menambahkan konsep dari kegiatan ini adalah belajar kepada ortom di sekolah lain sebagai bentuk kolabrasi pembelajaran perkaderan.

Program ini dilakukan dengan mengirimkan delegasi siswa untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar. Adapun lima pelajar SMA MuAD Metro Lampung mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar di SMA Muhammadiyah 3 Jogja antara lain Siti Nur Assyffa (XI IPS 1), Aliya Syahira (XI MIPA 1), Sandea Permata Putri (XI IPS 1), Syifa Choirunnisa (XI IPS 1) dan Naura Hasya (XI IPS 1).

BACA JUGA : PP Muhammadiyah Tetapkan Hari Pers Nasional Khusus Mereka, Ini Alasannya

“Di awali dengan sebanyak lima siswa dari SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Lampung dikirim untuk mengikuti pertukaran perlajar di SMA Muhammadiyah 3 Jogja. Selanjutnya akan dijadwalkan untuk pertukaran pelajar dari sekolah kami ke Lampung. Pertukaran Pelajar ini berlangsung selama dua pekan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement