Advertisement

Perbaikan Talut di Jogja Telan Rp1,6 Miliar, Paling Banyak di Kali Gajah Wong

Triyo Handoko
Kamis, 16 November 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Perbaikan Talut di Jogja Telan Rp1,6 Miliar, Paling Banyak di Kali Gajah Wong Ilustrasi talut longsor. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perbaikan talut sungai di Kota Jogja sepanjang 2023 ini sudah menghabiskan anggaran sebanyak Rp1,6 miliar. Terdapat sembilan titik perbaikan talut yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja.

Data DPUPKP Jogja menyebut perbaikan talut paling banyak dilakukan di Kali Gajah Wong, yakni sebanyak empat titik. Sementara sisanya ada di Kali Code dan Winongo masing-masing dua titik, dan satu titik di Kali Belik. Adapun, total panjang talut yang diperbaiki dari kesembilan titik itu adalah sepanjang 300 meter.

Advertisement

Kini anggaran perbaikan talut tersebut sudah habis. Rinciannya, anggaran APBD Murni sebanyak Rp1,2 miliar dan tambahan anggaran pada APBD perubahan sebanyak Rp400 juta.

Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase DPUPKP Jogja Rahmawan Kurniadi menjelaskan jika musim penghujan ini menyebabkan talud ambrol maka yang akan menangani BPBD Jogja.

“Sudah kami koordinasikan dengan BPBD Jogja, nanti penangannya dengan bronjong batu yang sifatnya sementara. Baru nanti setelah tidak musim penghujan kami perbaiki secara permanen,” ujar dia, Kamis (16/11/2023).

BACA JUGA: Waspada! Talut Ambrol di Bantaran Sungai Jogja saat Hujan Deras

Adi menjelaskan prioritas perbaikan talud dilakukan DPUPKP Jogja berdasarkan kawasan permukiman di talud tersebut. “Kalau misalnya talud tersebut tidak menyebabkan resiko pada permukiman di atasnya kami serahkan ke balai besar sungai saja,” ungkapnya.

Sementara ini dimana sudah turun hujan dengan intensitas sedang selama tiga hari berturut-turut, menurut Adi, belum ada informasi talut ambrol di Kota Jogja. “Selama musim hujan ini kami juga melakukan inventarisir talud-talud yang ambrol, untuk nantinya diperbaiki pada 2024 mendatang,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement