Advertisement

Dirjen Imigrasi Tinjau Langsung Layanan Publik di DIY, Pastikan Berantas TPPO

Media Digital
Kamis, 16 November 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Dirjen Imigrasi Tinjau Langsung Layanan Publik di DIY, Pastikan Berantas TPPO Dirjen ImigrasiSilmy Karim (tengah) beserta jajaranKanwil Kemenkumham DIYsaat memberikan pengarahan dan penguatan petugas keimigrasian KantorImigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Kamis (16/11 - 2023).

Advertisement

JOGJA—Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim meninjau langsung layanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Kamis (16/11/2023). Kunjungan langsung Silmy itu untuk memastikan layanan keimigrasian di DIY berjalan dengan baik.

Selain memastikan layanan keimigrasian berjalan dengan baik, Dirjen Imigrasi itu juga memberikan arahan langsung ke petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta. Saat tiba di kantor tersebut Silmy langsung disambut oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DIY bersama jajaran Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Najarudin Safaat.

Advertisement

Tinjauan yang dilakukan Dirjen Imigrasi itu meliputi ruang foto paspor, ruang wawancara, pelayanan warga negara asing (WNA), hingga ruang detensi imigrasi. Hasil peninjauan Silmy itu langsung dijadikan bahan pengarahan ke petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, ia meminta agar jajaran keimigrasian menjaga marwah organisasi.

"Ini terkait dengan marwah organisasi. Jangan lupakan tugas dan fungsi, bangun semangat kita, kita harus menjadi besar. Ayo kita besarkan organisasi ini," kata Silmy, Kamis sore.

Keimigrasian di DIY, menurut Silmy, patut terus optimis untuk mengembangkan diri jadi yang terbaik. "Dengan bantuan Bapak Ibu semua, tenaga dan pikiran, insyaallah Imigrasi akan semakin baik," katanya.

BACA JUGA: Perbaikan Talut di Jogja Telan Rp1,6 Miliar, Paling Banyak di Kali Gajah Wong

Silmy juga menyinggung tugas dan fungsi keimigrasian dalam pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Menurutnya, negara harus hadir ketika ada warganya yang mengalami masalah. "Kaitannya dengan TPPO dan TPPM, negara harus hadir ketika mereka sedang bermasalah," katanya.

Dirjen Imigrasi itu juga mengajak jajaran imigrasi untuk menjalin hubungan baik dengan stakeholder terkait. Perubahan pola pikir untuk membangun networking dinilainya perlu dilakukan demi kemajuan organisasi. "Networking harus menjadi langkah yang harus dilakukan. Kalau tidak terbiasa harus dilatih, harus dicoba," ujar Silmy.

Kakanwil Agung Rektono berterima kasih atas kunjungan kerja Dirjen Imigrasi ke Kantor Imigrasi Yogyakarta. Ia berharap kedatangan Dirjen Imigrasi memberikan semangat baru bagi jajaran Imigrasi di Yogyakarta. "Terima kasih atas kunjungan Bapak Dirjen Imigrasi ke Yogyakarta, semoga bisa membawa Kanim Yogyakarta semakin baik," ujar Agung.

Pada akhir pengarahan dan penguatan ini, Silmy Karim menyampaikan kalimat yang diharapkan memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh pegawai Kantor Imigrasi Yogyakarta. "Bekerja dengan ikhlas, beri pelayanan yang baik, bekerja itu ibadah. Gusti Allah mboten sare, ibadah kita dalam bekerja akan kembali ke kita dan keluarga," tutur Silmy.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Keimigrasian M Yani Firdaus, Kepala Divisi Administrasi Topan Sopuan, serta para pejabat struktural Kanwil Kemenkumham DIY dan Kantor Imigrasi Yogyakarta. (BC)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Meletus, Warga di Empat Desa Dievakuasi

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement