Advertisement

Pemkot Jogja Menyalurkan Bantuan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Triyo Handoko
Jum'at, 17 November 2023 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Pemkot Jogja Menyalurkan Bantuan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo (paling kiri) saat membantu Arsha menggunakan kursi roda bantuan dari Pemkot dan Baznas Jogja. Dok Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anak berkebutuhan khusus (ABK) di Jogja dibantu Pemkot untuk mendapat fasilitas yang dapat menunjang aktivitasnya. Terbaru Pemkot dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jogja memberikan kursi roda dan sepatu koreksi orthopedi ke anak berkebutuhan khusus di Kampung Jatimulyo, Kelurahan Kricak, Kemantren Tegalrejo.

Bantuan kursi roda dan sepatu koreksi orthopedi itu ditujukan untuk Arsha Alif Nurhidayah, 8, anak dengan Cerebral Palsy. Ia memiliki keterbatasan dalam bergerak sehingga bantuan itu diharapkan menunjang aktivitas Arsha.

Advertisement

Pejabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo yang menyerahkan langsung bantuan itu pada Kamis (16/11/2023). "Tentunya ini bagian dari bagaimana kami memberikan layanan bahwa semua layanan itu inklusif. Artinya semua punya hak  yang sama sehingga kalau ada yang punya keterbatasan (disabilitas) maka harus kita bantu. Seperti mas Alif ini," terangnya

Dalam Perda No. 4/2019 tentang Pemajuan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, jelas Singgih, difabel memiliki kesempatan untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat yang didukung dengan sarana, prasarana, dan fasilitasi dari Pemkot Jogja.

Singgih menyebut bantuan terhadap ABK tidak kali ini saja dilakukan Pemkot Jogja, sebelumnya dilakukan pemberian bantuan alat dengar. “Monggo nanti masyarakat yang memang memerlukan bantuan bisa berkomunikasi dengan Pemkot Jogja untuk nantinya segera kami berikan bantuan," ungkapnya.

BACA JUGA: Teras Malioboro 2 Direlokasi, Gedung Mulai Dibangun Tahun Depan, Ini Lokasinya

Upaya-upaya pemenuhan kebutuhan difabel, jelas Singgih, juga agar Jogja sebagai kota inklusi. “Pemberian bantuan atau fasilitasi alat bantu bagi ABK di Kricak adalah bukti Pemkot Jogja menjalankan amanah Perda Penyandang Disabilitas dan mewujudkan Jogja kota inklusi,” jelasnya.

Orang tua Arsha, Ari Maryati mengucapkan terima kasih atas bantuan kursi roda dan sepatu koreksi itu. “Bantuan ini sangat menolong kami sekali karena selama ini memang membutuhkan,” ujarnya.

Bantuan kursi roda dan sepatu koreksi orthopedi, jelas Ari, akan membantu mobilitas anaknya. “Selama ini kalau Arsha capek jalan, saya gendong. Dengan kursi roda akan lebih memudahkan aktivitas untuk Arsha. Termasuk kalau ke  sekolah," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement