Advertisement

Bakal Jadi Ikon Baru di Malioboro, Begini Progres Proyek Jogja Planning Gallery

Yosef Leon
Jum'at, 17 November 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Bakal Jadi Ikon Baru di Malioboro, Begini Progres Proyek Jogja Planning Gallery Suasana Jalan Malioboro, Jogja. - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY mengatakan dua pembangunan besar akan dijalankan di kawasan Malioboro ke depannya setelah kawasan itu diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Rencana pembangunan itu sudah dilakukan sejak lama dan disebut tidak akan mengganggu upaya pelestariannya. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan kedua program pembangunan besar itu adalah proyek Jogja Planning Gallery (JPG) dan pembangunan Teras Malioboro (TM) 2.

Advertisement

JPG nantinya dibangun di kawasan TM 2 yang sekarang serta gedung DPRD DIY. Nantinya kawasan itu akan dipindahkan ke tempat lain. "Sekarang yang JPG ini masih dalam tahap perancangan Analisis Dampak Lingkungan [Amdal]," katanya, Jumat (17/11/2023). 

Adapun proses pembangunan fisik JPG dilakukan setelah kawasan tersebut steril sepenuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY, Anna Rina Herbranti menyebutkan tahun ini progres pengerjaan JPG baru memasuki tahapan Rancang Bangun Rinci (Detail Engineering Design) atau DED yang ditargetkan selesai akhir tahun. "JPG tahun ini baru DED dan kajian Amdal Andalalin. Untuk pembangunan masih menunggu DPRD DIY terbangun dulu dan TM 2 pindah lokasi," jelasnya. 

BACA JUGA: Teras Malioboro 2 Direlokasi, Gedung Mulai Dibangun Tahun Depan, Ini Lokasinya

Anna mengatakan, lokasi TM 2 sekarang juga tengah memasuki tahap DED yakni yang berada di belakang Ramayana Ketandan dan samping TM 2. Sementara gedung DPRD DIY akan dibangun di Jalan Kenari. "Rencananya gedung DPRD DIY yang baru akan dibangun tahun depan juga," katanya. 

Setelah DED dan kajian Amdal Andalalin rampung dilakukan pihaknya akan mulai mengerjakan kajian konten yang akan mengisi ikon baru kawasan Malioboro tersebut ke depannya. JPG diharapkan dapat menjadi penanda budaya di DIY yang di antaranya akan berisi galeri kontemporer, Jogja masa kini, masa lalu, masa depan sekaligus menjadi ruang publik.

"Ke depan kami juga masih ada kajian materi konten JPG serta kemudian DED interior JPG. Semuanya bertahap dan pastinya memperhatikan kemampuan anggaran juga." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement