Advertisement

Andalkan Gondola, Pantai di Gunungkidul Masih Jadi Idola Turis Asing

David Kurniawan
Minggu, 19 November 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Andalkan Gondola, Pantai di Gunungkidul Masih Jadi Idola Turis Asing Aktivitas wisata di Kawasan Pantai Timang di Kalurahan Purwodadi, Tepus. Foto diambil beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pantai Timang di Kalurahan Purwodadi, Tepus menjadi salah satu destinasi andalan milik Kabupaten Gunungkidul. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya wisatawan asing berkunjung ke tempat ini.

Pantai Timang berada di sisi tenggara Gunungkidul ini berjarak sekitar 33 kilometer dari pusat Kota Wonosari. Akses ke destinasi ini harus menggunakan kendaraan pribadi karena memang hingga saat ini belum tersedua moda transportasi umum dari Wonosari ke lokasi objek wisata tersebut.

Advertisement

Untuk pengujung yang menggunakan mobil juga tidak disarankan sampai lokasi dikarenakan jalurnya esktrem dan belum di aspal sekitar tiga kilometer. Sebagai gantinya bisa menyewa jip milik warga lokal.

Keunikan di Pantai ini terdapat sebuah gondola yang dipergunakan untuk menyeberang ke pulau. Harga sewa Rp150.000 bagi wisatawan lokal dan wisatawan asing dipatok Rp200.000.

Salah seorang warga di Wasiman mengatakan, Pantai Timang menjadi salah satu destinasi menarik di sisi timur di Gunungkidul. Untuk askesnya memang masih sulit tapi pengunjung bisa menyewa jip milik warga.

“Kalau pakai mobil pribadi susah dan malah takut rusak. Sebab jalannya belum diaspal dan batunya tajam-tajam dan aksesnya juga naik turun,” kata Wasiman kepada Harianjogja.com, Minggu (19/11/2023).

Dikarenakan jalan yang ekstrem ini, maka jumlah kunjungan ke Timang tidak sebanyak dengan Pantai-pantai lain di Gunungkidul. Meski demikian, ia mengakui destinasi ini memiliki keunikan tersendiri karena pengunjung bisa menguji nyali dengan menaiki gondola untuk menyebarang ke pulau. “Gondola menjadi ciri khas di Pantai Timang, meski sekarang ada akses jembatan untuk menyeberang ke pulau,” ungkapnya.

BACA JUGA: 

Menurut dia, kunjungan ke Timang per harinya hanya sekitar 100 orang. Namun dari jumlah ini, 80% merupakan pengunjung dari luar negeri. “Paling banyak dari Malaysia dan Singapura. Selain itu, ada juga dari Korea Selatan. Memang kunjungan ke Timang didominasi oleh wisatawan asing,” kata Wasiman lagi.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Pemilik Gondola Timang, Siswanto. Menurut dia, kunjungan wisatawan asing lebih banyak ketimbang pengunjung dalam negeri. “Mungkin aksesnya yang jadi catatan sehingga pengunjung lokal lebih memilih berkunjung ke Pantai yang lain,” katanya.

Dia  mengakui keberadan gondola menjadi ciri khas di Pantai TImang. Namun, saat sekarang juga ada jembatan untuk menyeberang ke pulau. “Pengunjung bisa memilih yang mana. Yang jelas, kami pastikan untuk pemakian gondola aman karena rutin dilakukan perawatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement