Advertisement

Penipuan Online Masih Marak, Kapolda DIY: Jangan Mau Jika Dialihkan ke Nomor Pribadi!

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 19 November 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Penipuan Online Masih Marak, Kapolda DIY: Jangan Mau Jika Dialihkan ke Nomor Pribadi! Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan (kedua kiri) saat acara Jumat Curhat di Kulonprogo. - Instagram @ditbinmas_poldadiy

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan menggelar acara Jumat Curhat di Rajendra Farm, Kapanewon Samigaluh, Kulonprogo, Jumat (17/11/2023). Dalam acara tersebut, Suwando memberikan imbauan khusus mengenai penipuan online.

“Kegiatan Jumat Curhat merupakan upaya Polri dalam menjaring keluhan masyarakat untuk menjalin kedekatan antara Polri dengan masyarakat,” kata Suwondo dalam rilis.

Advertisement

Suwondo menambahkan dalam acara tersebut, dia mendapat keluhan mengenai upaya pencegahan dan solusi apabila menjadi korban penipuan online. Katanya, masyarakat tidak boleh menanggapi nomor tidak dikenal yang masuk untuk mengajak kerja sama mengenai jual beli online.

“Jika diajak kerja sama seputar jual beli online, kita harus mengetahuinya secara gamblang dengan orang yang ingin mengajak kerja sama karena dalam bisnis itu berbagai macam cara dilakukan,” katanya.

BACA JUGA: 

Menurut dia, transaksi jual beli online harus dilakukan melalui platform tepercaya dan jangan sampai beralih ke nomor pribadi karena akan mudah dialihkan untuk tindakan penipuan. “Jadi untuk jual beli juga harus hati-hati sehingga dapat diminimalkan adanya tindak pidana penipuan,” ucapnya.

Lebih jauh, Suwondo juga mengingatkan perihal pelaksanaan Pemilu 2024. Jelasnya, beda pendapat dan pilihan merupakan hal biasa. “Jadikan pesta demokrasi hanya menjadi agenda biasa dan jangan malah mengakibatkan perselisihan maupun perpecahan antarkelompok."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement