Advertisement

Pemkot Jamin Produk Sayur di Jogja Bebas Residu Pestisida

Alfi Annisa Karin
Rabu, 22 November 2023 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Pemkot Jamin Produk Sayur di Jogja Bebas Residu Pestisida Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogjan.com, JOGJA—Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) terus berupaya untuk menjamin mutu dan keamanan pangan yang beredar di Kota Jogja.

Salah satu upaya yang ditempuh adalah melakukan uji sampling komoditas sayuran. Hal ini dilakukan untuk memastikan sayuran yang dijual di Kota Jogja aman dan terbebas dari residu pestisida.

Advertisement

Kabid Pangan DPP Kota Jogja, Imam Nurwahid menuturkan pihaknya baru saja menyerahkan sertifikat Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT). Sertifikat ini diberikan kepada 25 pedagang pasar se-Kota Jogja yang komoditas dagangannya lolos uji sampling.

Komoditas sayuran dinyatakan bebas pestisida setelah dilakukan pengujian sebanyak tiga kali. Pengujian juga dilakukan pada masing-masing komoditas sayur seperti cabai, wortel, dan lainnya. "Kami beri surat keterangan kepatuhan mutu pangan," ujar Imam, Rabu (22/11).

Imam menyebut sertifikat yang diterima para pedagang ini kebanyakan dipasang di lapak jualan mereka. Menurut Imam, ini akan menambah kepercayaan masyarakat sebagai konsumen.

BACA JUGA: Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun Hidroponik, The Phoenix Hotel Yogyakarta Panen Sayur-Mayur

Namun, dia menuturkan masih ada hasil uji sampling yang menunjukkan adanya residu pestisida pada sayuran milik pedagang. Setelah ditemui, pihaknya lantas mengonfirmasi kepada pedagang, dari mana sayuran didapatkan. Selanjutnya, melalui Forum Pengawasan Keamanan Pangan akan melakukan cross check pada petani.

"Ketika kita menemukan positif, ternyata dari suatu daerah. Kami juga komunikasikan ke petani, kok produk yang ke Jogja kok mengandung pestisida, rantainya dari mana kan mereka bisa telusuri juga," imbuhnya.

Sejauh ini telah ada puluhan pedagang di Kota Jogja yang mendapat sertifikat PSAT. Tak hanya PSAT, DPP Kota Jogja juga secara rutin melakukan uji sampling pada komoditas pangan segar asli hewan (PSAH).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Jogjapolitan | 52 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Bersepeda di Jalan Sudirman-Thamrin Minggu Pagi

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement