Advertisement

UMK Jogja 2024 Tengah Dibahas, Dewan Pengupahan Serap Aspirasi Pengusaha dan Pekerja

Triyo Handoko
Kamis, 23 November 2023 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
UMK Jogja 2024 Tengah Dibahas, Dewan Pengupahan Serap Aspirasi Pengusaha dan Pekerja Ilustrasi uang rupiah / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dewan Pengupahan Kota Jogja tengah membahas besaran UMK 2024 mendatang. Pembahasan itu dilakukan dalam rapat pleno yang mempertemukan berbagai unsur, yaitu pengusaha, pekerja, akademisi dan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jogja.

Rapat pleno itu digelar pada Rabu (22/11/2023) kemarin. Dalam pertemuan itu, Dewan Pengupahan menyerap aspirasi pengusaha dan pekerja dalam menentukan UMK Jogja pada 2024 mendatang.

Advertisement

Baca Juga: UMK Kota Jogja Digadang-gadang Paling Tinggi se DIY

Kepala Bidang Kesejahteraan dan Hubungan Industrial Dinsosnakertrans Jogja Pipin Ani Sulistiati menjelaskan rapat pleno UMK Jogja 2024 itu berjalan lancar. “Semua aspirasi diserap bersama untuk menentukan titik temu dalam menentukan UMK Jogja 2024 nanti,” katanya, Kamis (23/11/2023).

Pipin yang baru menjabat sebagai Kepala Bidang ini menerangkan proses penentuan UMK 2024 di Kota Jogja akan mengedepankan musyawarah dan kajian akademis. “Karena di dalam Dewan Pengupahan juga ada kalangan akademis maka perspektif-perspektif ilmiah itu akan dihadirkan bersama untuk menjembatani pengusaha dan pekerja dalam menentukan UMK nanti,” terangnya.

Baca Juga: Sah! UMP DIY 2024 Naik 7,27% Menjadi Rp2.125.897

Soal besaran UMK 2024 di Kota Jogja, jelas Pipin, masih terus dibahas dan belum dapat disampaikan secara umum. “Nanti pasti akan diumumkan di mana proses penentuannya akan dilakukan secara bersama dengan berbagai unsur tadi, sehingga keputusan yang ada sedapat mungkin representatif untuk tiap pihak,” katanya.

Sebelumnya, Pejabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyampaikan kenaikan UMP DIY yang sudah ditetapkan kemarin Selasa (21/11/2023) akan menjadi patokan pembahasan untuk menentukan nilai UMK Kota Jogja. 

“Kami sudah mendapat informasi itu dan sudah berkoordinasi dengan Pemda DIY, sekarang sedang berkoordinasi terutama dengan Dewan Pengupahan untuk menentukannya,” jelasnya, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga: Masih Tunggu Angka UMP, Pemkot: UMK Jogja Tahun Depan Dipastikan Naik!

Meskipun masih akan dibahas, Singgih menjanjikan akan menaikan UMK Jogja. “Tidak hanya naik, tapi bisa dipastikan besarannya akan tetap menjadi yang tertinggi di DIY,” ungkapnya.

Singgih menyebut paling lambat besaran UMK Jogja 2024 akan diputuskan pada akhir November ini. “Setelah diputuskan akan diumumkan paling tidak 28 November, itu sudah bisa diumumkan nantinya,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Harga Pangan 2 Mei: Komoditas Beras dan Bawang Putih Naik

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement