Advertisement

Pj Bupati Kulonprogo: SKM Penting untuk Nilai Kinerja Layanan Publik

Andreas Yuda Pramono
Senin, 27 November 2023 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pj Bupati Kulonprogo: SKM Penting untuk Nilai Kinerja Layanan Publik Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti menegaskan pentingnya survei kepuasan masyarakat (SKM) atas kinerja pelayanan publik masing-masing.

SKM tersebut penting sebagai upaya evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Kulonprogo. Dari situ perangkat daerah diharapkan terbuka dan mampu merespon dengan baik kritik, saran dan masukan dari masyarakat untuk perbaikan dan peningkatan kinerja pelayanan publik.

Advertisement

Pada acara Penyerahan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Hasil Kompetisi Pelayanan Publik, dan Ekspos Atas Hasil Survei Kepuasan Masyarakat serta Hasil Kompetisi Pelayanan Publik Kabupaten Kulonprogo Tahun 2023 di Ruang Sermo Kantor Pemkab Kulonprogo, Senin (27/11/2023), Made menyampaikan hasil SKM secara umum dalam kategori sangat baik.

Meski begitu, perlu langkah percepatan dalam rangka meningkatkan capaian SKM di tingkat perangkat daerah. "Ini perlu diakslerasi lagi mungkin dengan metodologi yang lebih gampang. Ini penting, karena ini sebagai bagian untuk mengetahui seberapa besar kinerja kita itu dapat dinikmati oleh masyarakat dengan baik," kata Made dalam rilis.

Baca Juga:

Hasil Survei: Kinerja Pelayanan DPMPTSP Kabupaten Bantul Masuk Kategori Baik

Permudah Pengaduan Pelayanan Publik, Kementerian PANRB Sosialisasikan SP4N-LAPOR! Pada Pemudik

JSS Ditetapkan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Nasional

Dia menegaskan agar SKM tidak sekadar dimaknai sebagai angka indeks namun juga upaya lanjutan perangkat daerah dalam menindaklanjuti hasil saran dan masukan masyarakat.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda pada Bagian Organisasi Setda Kulonprogo, Farida Ariani melaporkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2023 telah mencapai target. Rata-rata nilai indeks mencapai 85,63 atau kategori baik.

"Dua tahun lalu, 2021 dan 2022, IKM kita [Kulonprogo] tidak tercapai dan Alhamdulilah pada tahun ini tercapai," kata Farida.

Dia menambahkan untuk Kompetisi Pelayanan Publik menjadi program pertama kalinya digelar dengan sasaran 21 Puskesmas. Farida berharap tahun depan, seluruh  unit pelayanan publik akan menjadi sasaran kompetisi tersebut.

Enam unit pelayanan publik pemenang Kompetisi Pelayanan Publik 2023 yaitu Puskesmas Sentolo I, Galur II, Temon I, Samigaluh II, Samigaluh I dan Temon II.

Sementara untuk unit pelayanan publik peraih nilai tertinggi SKM 2023 antar lain Kapanewon Pengasih, Kalibawang, Lendah, Temon, Girimulyo dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement