Advertisement

Kenaikan UMK Bantul Diharapkan Tingkatkan Produktivitas Pekerja dan Pengusaha

Newswire
Jum'at, 01 Desember 2023 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Kenaikan UMK Bantul Diharapkan Tingkatkan Produktivitas Pekerja dan Pengusaha Abdul Halim Muslih - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bantul diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pekerja dan pengusaha. Hal itu dikatakan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. 

UMK Bantul 2024 naik 7,26% menjadi Rp2.216.463 dibanding pada 2023. "Kita berharap dengan kenaikan upah yang cukup signifikan dan di atas rata-rata nasional ini produktivitas pekerja maupun pengusaha ini semakin baik," kata Bupati Abdul Halim usai menghadiri penetapan UMK kabupaten/kota se-DIY di Jogja, Kamis (30/11/2023)

Advertisement

Selain itu, kata Abdul, dengan kenaikan UMK tahun 2024, diharapkan terjadi sinergi yang lebih erat antara pengusaha dan pekerja untuk bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantul.

"Penetapan UMK ini sudah mempertimbangkan banyak hal, pertumbuhan ekonomi, inflasi, ditambah ada konstanta-konstanta yang merupakan gambaran dari kontribusi pekerja," katanya.

BACA JUGA: Pemda DIY Resmi Umumkan UMK Kabupaten/Kota, Segini Besarannya

Dengan demikian, kata dia, komponen pertumbuhan ekonomi, inflasi, kemudian dikalikan konstanta 0,3 yang merupakan kontribusi pekerja tersebut juga menjadi pertimbangan kenaikan UMK Bantul.

"Sehingga kenaikan harga-harga otomatis itu sudah terakomodir di dalam UMK Bantul, jadi naik cukup signifikan dan ini termasuk kenaikan yang lebih besar dibanding kenaikan UMK di tahun-tahun yang lalu, sebesar tujuh persen," katanya.

Abdul mengatakan kenaikan UMK 2024 hingga mencapai rata-rata tujuh persen dari tahun lalu juga diberlakukan untuk kabupaten lainnya di DIY.

"Jadi, hari ini di Kantor Gubernur DIY telah ditetapkan UMK se-DIY, di mana semua upah minimum kabupaten kota Ini naik secara signifikan dengan rata-rata sekitar tujuh persen," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement