Advertisement

Pemkab Gunungkidul Terima Penghargaan Smart City

Media Digital
Kamis, 07 Desember 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Pemkab Gunungkidul Terima Penghargaan Smart City Bupati Gunungkidul, Sunaryanta (keempat kanan) saat menerima penghargaan Smart City untuk kategori Smart Branding and Smart Society. - Istimewa

Advertisement

BANTEN—Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Forum Smart City Nasional, Pameran dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023 di Indonesia Convention Exhibition, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (7/12/2023).

Plt. Direktur LAIP Kominfo, Aris Kurniawan menjelaskan forum ini menjadi momen untuk saling berbagi/sharing terkait dengan inovasi smart city ke depannya.

Advertisement

"Program yang telah dijalankan dapat sustain dan terus dilaksanakan, dan kami sudah mendampingi 241 pemerintah kabupaten/kota dan dua pemerintah provinsi terkait dengan Smart City," kata dia.

Selain itu, Aris juga mengucapkan selamat untuk enam kabupaten/kota yang menerima penghargaan terkait dengan Smart City. "Salah satunya adalah Kabupaten Gunungkidul yang mendapatkan penghargaan untuk kategori Smart Branding and Smart Society," ucap dia.

Kabupaten Gunungkidul menjadi implementator terbaik Smart City untuk Kategori Smart Branding dan Smart Society, Penghargaan itu diterima secara langsung oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

Dalam Diskusi Penjelasan tentang Gerakan Menuju Smart City dan Smart Province 2023, hadir juga sebagai narasumber Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

Sunaryanta memaparkan, salah satu yang menguatkan smart city di Gunungkidul yakni dengan membangun komunikasi dan MoU dengan kampus-kampus. "Dengan mereka salah satunya melalui KKN untuk mengajarkan kepada anak-anak di daerah yaitu Bahasa Inggris, Fisika, dan Matematika,"

Bupati Gunungkidul juga berharap untuk branding smart city di Gunungkidul bisa sampai ke tingkat desa atau kalurahan. "Komunitas-komunitas yang kami berdayakan, seperti komunitas informasi masyarakat serta anak-anak muda yang paham tentang digitalisasi," ucap Sunaryanta.

BACA JUGA: Dukung Pengembangan Smart City Banyumas, PLN Bangun Gardu Hubung dan Kabel Listrik Bawah Tanah

Dia juga menambahkan dalam pengembangan dan peningkatan branding serta sumber daya masyarakat tidak terlepas dari kolaborasi pemerintah daerah, masyarakat dan akademisi. "Kami juga sedang melakukan branding tentang pariwisata, dalam satu tahun ini kami memproyeksikan pengunjung atau wisatawan hampir 2,8 juta orang, dan sampai saat ini sudah mencapai 2,7 juta. Saya yakin target tahun ini tercapai," jelasnya.

Setelah mendapatkan penghargaan tersebut, Sunaryanta berharap ke depan dapat mewujudkan Smart Village agar tidak hanya wilayah kota yg cerdas, tetapi juga seluruh desa yang ada di Gunungkidul. "Smart city menjadi bukti, bahwa Pemkab Gunungkidul sudah mampu berkolaborasi lintasperangkat daerah sehingga hal ini perlu ditingkatkan," kata Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidang Eks Menteri Pertanian SYL, KPK Bawa 4 Saksi dari Kementan

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement