Advertisement

Karangtaruna di Kulonprogo Diminta Membantu Mengentaskan Kemiskinan

Newswire
Sabtu, 09 Desember 2023 - 15:17 WIB
Maya Herawati
Karangtaruna di Kulonprogo Diminta Membantu Mengentaskan Kemiskinan Kemiskinan - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Karang taruna diminta berperan aktif mendukung program-program pemerintah mulai dari penanganan stunting hingga pengentasan kemiskinan. Hal ini dikatakan  Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti di Kulonprogo, Jumat (8/10/2023).  

Ia menyebut keterlibatan karang taruna dalam mendukung penyelesaian program pemerintah dalam berbagai bidang seperti penurunan stunting, pengentasan kemiskinan dan lainnya dirasa sangat penting. "Karang taruna dibentuk dari visi misinya yang secara garis besar membantu pemerintah untuk mengatasi permasalahan sosial di masyarakat," kata Ni Made.

Advertisement

Menurut dia, selain masalah sosial, karang taruna juga dapat melalukan banyak sekali, termasuk keterlibatan memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.

Dengan kapasitas yang dimiliki Karang Taruna Kabupaten Kulonprogo, Ni Made yakin mampu bersama-sama pemkab dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi Kulonprogo sesuai dengan kapasitas dan tanggung jawabnya masing-masing.

"Walaupun sedikit itu sangat berarti ketika dibuat secara bersama-sama, inikan dari seluruh kapanewon yang ada di Kulonprogo saya kira kalau kita sama-sama bersatu, kemudian sama-sama mempunyai misi dan visi yang sudah ditetapkan dan dijalankan dengan penuh pengabdian dan keikhlasan saya kira itu akan jadi bagian penting dari kemajuan bangsa," katanya.

BACA JUGA: Usulan Debat Capres dalam Bahasa Inggris, Ini Kata Pengamat

Ni Made menambahkan tak hanya berperan dalam mengatasi persoalan sosial, karang taruna juga mampu menjadi solusi dalam membangun generasi muda, karena ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan lewat organisasi ini. "Generasi muda harus aktif dalam pembangunan sesuai bidangnya," katanya.

Ketua Karang Taruna Kulonprogo Tamyus Rochman mengatakan di Kabupaten Kulonprogo terdapat lebih dari 934 karang taruna yang jumlah anggota tiap kepengurusannya beragam. Penguatan ini diperlukan agar Karang Taruna menjadi lebih kompak, berkembang dan terus melaksanakan kegiatan yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami juga berharap generasi muda di Kulonprogo bergabung ke Karang Taruna karena bisa melakukan berbagai kegiatan positif," kata Tamyus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement