Advertisement

KPU Butuh 18.963 Petugas KPPS di Gunungkidul

David Kurniawan
Selasa, 12 Desember 2023 - 07:47 WIB
Sunartono
KPU Butuh 18.963 Petugas KPPS di Gunungkidul Ilustrasi caleg / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—KPU Gunungkidul mulai membuka pendaftaran untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai 11-20 Desember 2023. Total kebutuhan petugas pemilihan di TPS ini sebanyak 18.963 orang.

Anggota KPU Gunungkidul, Supami mengatakan, kebutuhan petugas KPPS di Pemilu 2024 disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Rencananya pada saat pemilihan ada sebanyak 2.709 TPS.

Advertisement

Dia menjelaskan, di setiap TPS ada kebutuhan KPPS sebanyak tujuh orang. Oleh karenanya, total kebutuhan petugas mencapai 18.963 orang. “Hari ini mulai pendaftaran,” kata Supami, Senin (11/12/2023).

BACA JUGA : KPU DIY Buka Lowongan 83.524 Petugas KPPS, Segini Honornya

Menurut dia, kebutuhan petugas di TPS tidak hanya penyelenggara pemilihan. Pasalnya, di setiap lokasi pemungutan suara juga ada dua petugas keamanan yang berasal dari anggota linmas di masing-masing kalurahan.

“Untuk anggota linmas yang dibutuhkan ada sebanyak 5.418 orang. Jadi, kalau ditotal seluruh petugas di TPS se-Gunungkidul ada 24.381 orang,” katanya.

Anggota KPU Gunungkidul, Sudarmanto mengatakan, sudah memetakan kebutuhan petugas KPPS maupun petugas keamanan di setiap TPS. Untuk pendaftaran calon anggota KPPS, KPU sudah membuat pengumuman yang diteruskan oleh petugas PPK di kapanewon maupun PPS di setiap kalurahan.

Menurut dia, sesuai dengan tahapan, pendaftaran rekrutmen dibuka mulai 11-20 Desember 2023. Adapun prosesnya bisa mendatangi ke kantor PPS di setiap kalurahan. “Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar,” katanya.

Darmanto mengungkapkan kesempatan menjadi petugas pemilihan terbuka lebar bagi seluruh warga di Gunungkidul. Meski demikian, prosesnya harus ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi mulai dari usia minimal 17 tahun, berpendidikan paling rendah SMA dan sederajat.

“Diprioritaskan adalah warga di satu kalurahan, khususnya di domisili TPS berada. Selain itu, didalam pendaftaran juga dilengkapi dari surat Kesehatan dari puskesmas,” katanya.

Disinggung mengenai kebutuhan pegawai KPPS, ia berharap bisa terpenuhi selama proses pendaftaran melalui mekanisme seleksi. Meski demikian, untuk antisipasi kuota tidak terpenuhi sudah ada wacana kerja sama dengan perguruan tinggi setempat.

“Kami berharap bisa terpenuhi melalui proses seleksi terbuka. Tapi, kalau tidak terpenuhi maka akan ada kerja sama dengan universitas sehingga mahasiswa akan ditugaskan menjadi penyelenggara pemilihan di TPS,” katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement