Advertisement

Cegah Penyebaran Covid, Dispar DIY Imbau Pengelola Wisata Kembali Perhatikan CHSE

Alfi Annisa Karin
Rabu, 13 Desember 2023 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Cegah Penyebaran Covid, Dispar DIY Imbau Pengelola Wisata Kembali Perhatikan CHSE Warga beraktivitas mengenakan masker. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY mengimbau para pengelola wisata untuk kembali memperhatikan standar Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).

Utamanya untuk jasa akomodasi, hotel, hingga objek-objek wisata. Ini sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Covid-19 yang beberapa waktu belakangan kembali ditemukan kasusnya.

Advertisement

Pelaksana Harian Kepala Dispar DIY Kurniawan menyebut pihaknya telah menerima surat edaran dari Kemenparekraf. Isinya adalah imbauan untuk kembali waspada terhadap virus Covid-19. Meski demikian, dia mengatakan masyarakat tak perlu panik. Ini agar aktivitas pariwisata bisa tetap berjalan dengan normal.

BACA JUGA: Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19, Dinkes DIY Minta Rumah Sakit dan Fasyankes Siaga

"Karena bagaimanapun, Desember itu momentum biasanya kita puncak peak kunjungan wisatawan di rentang satu tahun," ujar Kurniawan, Rabu (13/12/2023).

Kurniawan menyebut, pihaknya turut menggandeng instansi lain. Mulai dari dinas kesehatan hingga rumah sakit. Dia juga mengajak masyarakat untuk kembali melakukan kebiasaan-kebiasaan baik saat pandemi Covid-19 merebak. Misalnya, dengan tetap mengenakan masker saat bepergian.

"Termasuk kalau ada yang sakit, kemudian secara mandiri dia menggunakan masker, tidak menularkan ke yang lain. Itu salah satu imbauan saja yang bisa kita sampaikan," tuturnya.

Sementara itu, Dispar DIY juga melakukan persiapan untuk menyambut 800 ribu wisatawan yang ditargetkan datang selama Desember ini. Kurniawan mengaku, koordinasi dengan dinas pariwisata di kabupaten/ kota telah dilakukan.

BACA JUGA: DIY Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 di Libur Panjang Akhir Tahun

Salah satunya, untuk memastikan kesiapan objek wisata jika terjadi bencana. Hal ini tak lepas dari beberapa objek wisata di DIY yang rawan bencana, seperti longsor ataupun banjir. Pihaknya juga memastikan berbagai wahana dipastikan aman untuk diakses oleh wisatawan.

"Tanggal 18 sampai 22 Desember nanti kita akan adakan periksa uji. Kita tidak ingin seperti di Banyumas ada kecelakaan, korban, dan sebagainya. Termasuk gondola, termasuk di akomodasi itu lift, eskalator, kita periksa," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kini Sertifikat dan Notifikasi Imunisasi Dapat Diakses secara Digital

News
| Senin, 20 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement