Advertisement

Ratusan TPS di Gunungkidul Susah Sinyal, KPU Gunungkidul Pilih Opsi Ini

David Kurniawan
Rabu, 13 Desember 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Ratusan TPS di Gunungkidul Susah Sinyal, KPU Gunungkidul Pilih Opsi Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 177 tempat pemungutan suara (TPS) di Gunungkidul masuk wilayah blankspot alias tidak ada sinyal Internet dan telekomunikasi. Meski demikian, KPU Gunungkidul tidak mengkhawatirkan karena sudah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mencarikan solusi atas persoalan tersebut.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan berdasasrkan data dari KPU DIY ada 199 TPS yang mengalami blankspot. Mayoritas TPS ini berada di Gunungkidul sebanyak 177 titik. “Sudah kami terima datanya. Untuk lokasinya berada di wilayah perbukitan seperti di Girisubo, Tepus dan Gedangsari,” katanya, Rabu (13/12/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, adanya temuan ini ditindaklanjuti dengan pendatangan ulang untuk memastikan kebenaran data tersebut. Secara prinsip, kata Asih, ketiadaan sinyal telekomunikasi tidak ada masalah karena laporan untuk aplikasi Sirekap dilakukan dengan dua cara.

Pertama dengan model online, yakni salinan pemilihan bisa dikirim dengan cara difoto dan diunggah ke aplikasi di lokasi TPS. Adapun cara kedua dilakukan secara offline, yakni dengan mengirimkan gambar hasil pemilihan tidak dari lokasi TPS.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi ketiadaan sinyal telekomunikasi di tempat pemilihan. “Jadi difoto dulu terus petugas berpindah tempat ke lokasi yang ada sinyalnya, baru dikirim ke aplikasi Sirekap,” katanya.

Ia pun memastikan tidak ada masalah terkait dengan pengiriman hasil pemilihan meski ada kendala sinyal telekomunikasi. Hanya saja, Asih tetap berkomitmen untuk mengatasinya dengan berkoordinasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul. “Sudah ada koordinasi dan opsinya bisa dikirim secara offline,” ungkapnya.

BACA JUGA: Waduh, 39 TPS di Kulonprogo Masuk Blank Spot

Kepala Diskominfo Gunungkidul Setiyo Hartarto saat dikonfirmasi membenarkan ada koordinasi dengan KPU berkaitan dengan TPS blankspot. Upaya pendataan ulang terus dilakukan. “Dari sampel yang diambil paling lama membutuhkan waktu sekitar 15 menit agar mendapatkan sinyal dari lokasi TPS blankspot,” katanya.

Menurut dia, untuk akses Internet dipastikan sudah menyasar ke seluruh kalurahan di Gunungkidul. Hanya saja, untuk TPS lokasinya tidak berada di kalurahan, tapi didirikan di rumah warga maupun balai padukuhan. “Untuk beberapa padukuhan sudah ada terkoneksi dengan kalurahan, tapi belum bisa menyasar semuanya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terdampar di Kupang, Polda NTT Serahkan 5 WNA China ke Kantor Imigrasi

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement