Advertisement

Pemda DIY Memastikan Stok Pangan Cukup di Masa Libur Nataru

Yosef Leon
Kamis, 14 Desember 2023 - 19:27 WIB
Maya Herawati
Pemda DIY Memastikan Stok Pangan Cukup di Masa Libur Nataru Ilustrasi ketersediaan bahan pangan - ist - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) memastikan ketersediaan bahan pangan pokok di wilayahnya aman menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tim bersama pemerintah kabupaten/kota sudah memantau harga dan kondisi bahan pangan di lapangan, sehingga dipastikan cukup untuk kebutuhan warga dan wisatawan.

Sekda DIY Beny Suharsono menyampaikan secara umum pasokan pangan di wilayahnya aman. "Dari sisi permintaan dan suplai dalam kategori aman juga. Berdasarkan catatannya apabila konsumsi sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan pasti selalu stabil. Jangan sampai terjadi panic buying karena akan pengaruh ke tingkat inflasi," katanya, Kamis (14/12/2023).

Advertisement

Menurut Beny, di beberapa kabupaten/kota memang terdapat perbedaan harga untuk beberapa komoditas, tetapi tidak ekstrem. "Terjadi sedikit kenaikan volume permintaan tapi masih stabil. Kita sudah koordinasi lintas wilayah untuk menjaga pasokan semisal beras dan komoditas pangan penting lainnya agar aman," ujarnya.

Beny mengakui bahwa harga cabai masih cukup tinggi di wilayahnya. Bahkan cukup tinggi dan stabil sejak beberapa bulan terakhir.

"Itu akibat kemarin kemarau panjang, kebiasaan kita tanam bareng-bareng sehingga suplai yang diciptakan ga bisa dibendung. Kami sudah dorong agar pakai teknologi sehingga rantai pasok itu terjaga terus," katanya.

BACA JUGA: Pengin Balik Lagi ke Area Pedestrian, Pedagang Teras Malioboro Gelar Demo di Kepatihan

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY Yuna Pancawati menerangkan pantauan harga sudah dilakukan dan ketersediaan pangan di sejumlah kabupaten/kota pada 4 Des sampai 12 Desember di seluruh kabupaten kota. "Di Sleman kenaikan terdapat pada cabai merah besar sementara bawang putih turun," jelasnya.

Sedangkan di Kulonprogo harga stabil secara umum, tetapi harga yang masih tinggi ada pada cabai rawit merah dan cabai merah keriting. Di Gunungkidul yang stabil tinggi masih pada cabai. Kota Jogja bawang, cabai, dan daging ayam mulai sedikit naik harganya. Sementara di Bantul sedikit ada kenaikan harga untuk beberapa komoditas penting.

Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti menjelaskan, harga cabai cenderung turun per hari ini dengan kisaran Rp3.000-Rp4.000 per kilogram. "Artinya yang kita takutkan bisa sampai Rp100.000/kg kilogram tidak terjadi. Sementara harga yang lain masih stabil. Kita juga sudah masif melaksanakan pasar murah," jelasnya.

Menurut Syam, LPG 3 kilogram juga cukup dan pihaknya sudah menambah usulan pasokan. Sebab kebutuhan industri pengolahan akan sangat banyak di masa itu terutama UMKM.

"Harga juga tidak ada kenaikan. Bahkan banyak tumbuh pangkalan baru untuk LPG 3 kg. Setiap hari akan kita lihat perkembangan harga di empat pasar pantauan. Ketika kita melihat data stok di pedagang kita, tidak ada perubahan yang signifikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement