Advertisement

Tahun Ini, Padat Karya di Kulonprogo Serap Lebih dari 3 Ribu Pekerja

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 15 Desember 2023 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Tahun Ini, Padat Karya di Kulonprogo Serap Lebih dari 3 Ribu Pekerja Ilustrasi padat karya. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo menegaskan bahwa program padat karya yang telah digelar sepanjang tahun 2023 telah menyerap 3.322 orang atau pekerja.

Kepala Disnakertrans Kulonprogo, Nur Wahyudi mengatakan ada 3.322 pekerja yang terserap program padat karya tahun 2023. Jumlah tersebut berasal dari 57 lokasi dari BKK DIY dan 25 lokasi dari APBD Kulonprogo.

Advertisement

Nur mengaku program padat karya dilakukan untuk membuka lapangan kerja bagi penganggur, setengah penganggur, dan warga miskin. Terangnya, porsi penganggaran antara hari orang kerja (HOK) dengan pendukung minimal 50%, sedangan dengan material juga 50%.

"Harapan kami pekerja yang merupakan masyarakat sekitar memperoleh tambahan pendapatan dan sarana fisik yang dibangun dapat memperlancar akses kegiatan masyarakat baik ekonomi, sosial, maupun perhubungan," kata Nur, Jumat (15/12/2023).

BACA JUGA: Berantas Pengangguran, Tahun Ini Ada 481 Paket Padat Karya di Bantul

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kulonprogo, Atik Zuniastuti mengatakan program padat karya di APBD Perubahan (APBD-P) yang menggunakan BKK DIY senilai Rp1,5 miliar menandai berakhirnya program tersebut di tahun ini. "Program padat karya sudah selesai semua. Bahkan sudah rapat evaluasi. Sekarang tinggal proses penyelesaian administrasi," kata Atik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kementerian PPPA Prihatin Kasus Dugaan Kekerasan Seksual di UNU Gorontalo

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement