Advertisement

Tak Ada TPS Blank Spot, KPU Bantul: Cuma Ada TPS yang Lemah Sinyal

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 17 Desember 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Tak Ada TPS Blank Spot, KPU Bantul: Cuma Ada TPS yang Lemah Sinyal Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULKPU Bantul akan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam Pemilu 2024. KPU Bantul memastikan tidak ada TPS yang berada di wilayah blank spot atau tidak ada jaringan Internet. Mereka hanya mencatat ada beberapa wilayah yang minim sinyal.

Kepala Divisi Teknis KPU Kabupaten Bantul, Mestri Widodo menyampaikan penggunaan Sirekap merupakan kebijakan dari KPU RI, sehingga seluruh TPS di Kabupaten Bantul akan menggunakan aplikasi tersebut untuk rekapitulasi suara dalam Pemilu tahun depan. 

Advertisement

“Aplikasi Sirekap kebijakan kami dapat arahan dari pimpinan akan digunakan 3.166 TPS. Di masing masing TPS akan ada operator yang menggunakan KPPS untuk melakukan salah satu pendokumentasian proses pasca perhitungan selesai,” katanya, Minggu (17/12/2023). 

Dia menyampaikan sebelumnya pada pemilihan Bupati dan  Wakil Bupati Bantul tahun 2020,  KPU Bantul telah menggunakan Sirekap. Saat itu, dia mengaku tidak ada daerah yang blank spot. Sementara masih ada daerah yang minim sinyal yaitu di Kapanewon Dlingo dan Pundong. “Di Bantul dari pengalaman kami tidak ada blank spot, kami hanya ada lemah sinyal,” katanya. 

Dia menyampaikan aplikasi Sirekap dapat digunakan secara offline dan online. Sehingga ketika jaringan internet sedang lemah, maka dapat digunakan secara offline.  “Untuk daerah yang lain hanya ada lemah sinyal, alternatifnya hasil rekap mobile dan offline yang bisa diaktifkan di TPS masih offline, kalau ada sinyal langsung di-upload. Masih memungkinkan penggunaan aplikasi Sirekap,” katanya. 

Dengan begitu menurutnya penggunaan Sirekap masih dapat digunakan pada seluruh TPS di Bantul. 

BACA JUGA: Tingkatkan Partisipasi Pemilih Perempuan, Ini yang Dilakukan KPU Bantul

KPU Kabupaten Bantul, kata dia, telah menerima sebagian logistik Pemilu 2024. Beberapa logistik yang telah diterima diantaranya bilik suara, kotak suara, tinta, dan spidol. Sementara hingga saat ini surat suara masih dikirimkan secara bertahap ke beberapa daerah di Indonesia.

Menurut dia, KPU Bantul akan menerima surat suara secara bertahap perkiraan pada awal tahun depan. “Karena ikuti penjadwalan [pembagian surat suara], masih kurang 60 hari lagi, kami biasanya akan h-45 kemungkinan bulan Januari [2024] melihat rentang suara di kami. Prioritas terluar terjauh dari pusat percetakan itu biasanya diprioritaskan. Sesuai kedekatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut Bus Pengangkut Rombongan SMK Depok di Subang Diduga Rem Blong

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement