Advertisement

Angka Covid-19 di Bantul Naik, Belum Ada Arahan Prokes di Pantai Parangtritis

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 17 Desember 2023 - 15:27 WIB
Arief Junianto
Angka Covid-19 di Bantul Naik, Belum Ada Arahan Prokes di Pantai Parangtritis Ilustrasi suasana Pantai Parangtritis. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULBerdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul pada Jumat (15/12/2023) mengonfirmasi ada Sembilan orang positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Meski begitu, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis, M. Arif Nugraha mengaku belum mendapat arahan terkait dengan penerapan protokol kesehatan di Pantai Parangtritis-Depok selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.  “Belum ada perintah dari pimpinan [penerapan protokol kesehatan selama Nataru]. Kami masih fokus di penanganan wisatawan dulu,” katanya, Minggu (17/12/2023). 

Advertisement

Dia menyampaikan saat ini Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis-Depok telah menyiapkan 69 anggota yang akan bersiaga pada 23 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Selain itu ada beberapa sukarelawan yang akan turut serta membantu penjagaan kawasan Pantai Parangtritis-Depok selama Libur Nataru. 

Dia menyampaikan berdasarkan perhitungan sekitar sebulan lalu di kawasan Pantai Parangtritis-Depok ada sekitar 18 palung. Karena itu, dia mengimbau agar wisatawan senantiasa mematuhi rambu larangan berenang di area palung tersebut.  “Kami mengimbau secara langsung, memberikan edukasi kepada wisatawan [untuk tidak berenang di area palung],” katanya. 

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan Covid-19, Kemenkes Imbau Masyarakat Lengkapi Dosis Vaksinasi

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah peralatan penyelamatan seperti pelampung dan papan luncur untuk kesiapsiagaan apabila terjadi laka laut. Dia pun berharap wisatawan dapat mewaspadai palung yang ada di sepanjang Pantai Parangtritis-Depok untuk mengantisipasi laka laut. 

Dia pun berharap wisatawan dapat mewaspadai palung yang ada di sepanjang Pantai Parangtritis-Depok untuk mengantisipasi laka laut. “Semoga tidak terjadi laka laut, apabila terjadi semoga korban dapat diselamatkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kementerian PPPA Prihatin Kasus Dugaan Kekerasan Seksual di UNU Gorontalo

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement