Advertisement

Jelang Liburan Akhir Tahun, Pantai di Gunungkidul Mulai Ramai Diserbu Wisatawan

David Kurniawan
Minggu, 17 Desember 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Jelang Liburan Akhir Tahun, Pantai di Gunungkidul Mulai Ramai Diserbu Wisatawan Aktivitas wisata di Kawasan Pantai Sadranan, Sidoharjo di Kapanewon Tepus, Minggu (17/12/2023). - Istimewa/

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sejumlah pantai di Gunungkidul mulai dipadati pengunjung sejak Minggu (17/12/2023) pagi. Untuk berjaga-jaga, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron menyiagakan seluruh anggotanya yang berjumlah 64 orang.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono mengatakan, pada saat libur akhir tahun diprediksi ada lonjakan pengunjung ke Kawasan Pantai. Tanda-tanda ini sudah mulai terlihat sejak Minggu pagi.

Advertisement

Di area wisata mulai dari Pantai Indrayanti di Kalurahan Tepus, Tepus ke barat hingga Pantai Baron dipadati pengunjung. Meski tidak menyebutkan secara pasti, namun diperkirakan kunjungan lebih ramai dibandingkan dengan minggu lalu. “Sekarang lebih banyak yang datang. Buktinya pada Minggu pagi sudah berdatangan untuk bermain air,” kata Marjono, Minggu siang.

Menurut dia, hingga pukul 12.15 WIB, kondisi di Kawasan Pantai masih aman terkendali. Marjono berharap situasi tetap kondusif dan tidak ada hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan laut atau lainnya. “Gelombang laut juga landai, tetapi pengunjung tetap harus berhati-hati untuk menghindari kecelakaan laut,” katanya.

Ia menjelaskan, selama libur akhir tahun, seluruh personel yang berjumlah 64 orang disiagakan untuk pengamanan mulai dari Pantai Indrayanti hingga Bukit Paralayang di Kapanewon Purwosari. Pengawasan tidak hanya dilakukan melalui posko, namun juga ada personel yang diterjunkan berbaur dengan wisatawan. “Jadi kalau bermain di area berbahaya bisa langsung diingatkan. Mulai sekarang semua personel sudah disiagakan,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Oneng Windu Wardhana mengatakan, untuk kelancaran selama libur akhir tahun sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perhubungan, TNI/Polri, Dinas Kesehatan, hingga Satlinmas Rescue Istimewa DIY. Total petugas yang dipersiapkan antara 23 Desember hingga 2 Januari 2024 ada 272 orang. “Yang jelas kami berupaya agar pelaksanaan liburan ini berlangsung denga naman, nyaman dan juga lancar,” katanya,.

Selama liburan berlangsung ditargetkan kunjungan sebanyak 139.935 orang. Untuk kelancaran juga sudah dilakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata DIY. “Mudah-mudahan bisa mememuhi target kunjungan saat libur akhir tahun,” katanya.

Windu menambahkan, untuk kenyamanan dan kelancaran selama liburan sudah membuat beberapa edaran yang dapat dijadikan pedoman. Salah satunya, edarang yang tertuang No:500.13/2885 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Wisata pada Saat Libur dan Cuti Bersama Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024.

Menurut dia, ada beberapa imbauan yang harus diperhatikan. Salah satunya berkaitan dengan memastikan tetap menerapkan SOP protocol Kesehatan pencegahan Covid-19. Ada juga tentang menjaga kebersihan di area destinasi hingga imbauan memasang tarif sewa gazebo hingga peralatan penunjang lainnya di lingkup wisata seperti alat snorkeling, kano dan lain sebagainya. “Ini juga berlaku untuk usaha jasa makanan sehingga tidak ada kesan nuthuk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement