Advertisement

Diskominfo Gunungkidul Pasang Jaringan Fiber Optik di 144 Kalurahan

Andreas Yuda Pramono
Senin, 18 Desember 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Diskominfo Gunungkidul Pasang Jaringan Fiber Optik di 144 Kalurahan Ilustrasi wifi. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul menyelesaikan jaringan fiber optik di 144 kalurahan.

Dengan begitu, Diskominfo memastikan tidak ada lagi kendala jaringan Internet di Kantor Kalurahan.

Advertisement

Kepala Diskominfo Gunungkidul, Setiyo Hartarto mengatakan penyelesaian jaringan fiber optik tersebut dilakukan dalam waktu tiga bulan terakhir pada 2023 “Kami sudah menyelesaikan di 144 kalurahan, sudah berbasis fiber optik sehingga tidak ada lagi kendala terkait dengan Internet di [kantor] kalurahan,” kata Hartarto ditemui di Pondok Makan Sekar Kusuma, Senin (18/12/2023). 

Hartarto menambahkan jajarannya berkomitmen untuk membangun jaringan fiber optik untuk satu padukuhan di satu kalurahan.

Di Kapanewon Purwosari, Diskominfo telah membangun jaringan fiber optik di lebih dari 12 padukuhan. Begitu pun dengan Kapanewon Panggang dan Saptosari juga telah dibangun dengan jumlah yang sama.

Pada 22 Desember 2023 mendatang, Diskominfo akan melakukan penarikan kabel fiber optik ke padukuhan-padukuhan lain. Dengan begitu, kata Hartarto, blank spot dapat dipangkas dari aspek waktu masuk tahun 2024.

Apabila ada satu titik blank spot maka seseorang hanya perlu berjalan sekitar 10 menit untuk mendapat jaringan Internet.

Lebih jauh, Hartarto menjelaskan kendala blank spot yang mungkin terjadi di beberapa TPS dapat diatasi dengan pergi ke Kantor Kalurahan dengan waktu sekitar 15 menit.

Pasalnya aplikasi rekapitulasi suara yang menggunakan Sirekap dapat dilakukan dengan mode offline.

BACA JUGA: Tak Ada TPS Blank Spot, KPU Bantul: Cuma Ada TPS yang Lemah Sinyal

Menilik data KPU DIY, titik blank spot di Gunungkidul ada sebanyak 177 lokasi. Menurut Diskominfo Gunungkidul, angka tersebut mengacu data BPS pada 2020.

“Dari hasil kunjungan lapangan kami, dari 24 titik yang kami kunjungi dari 177 TPS yang dimaksud, kami memberikan data itu ke KPU Gunungkidul untuk dilakukan validasi ulang terkait data blank spot versi pendataan KPU,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan jumlah total TPS se-Gunungkidul ada 2.709 TPS. Dari jumlah tersebut, 177 TPS sedang divalidasi ulang terkait kemungkinan blank spot“Saat ini KPU Gunungkidul sedang melakukan verifikasi kembali berkaitan dengan TPS Blank Spot,” kata Asih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Pengasuh Terpaksa Rawat Balita Tanpa Gaji Setelah Orang Tua Kabur Bawa Pinjaman

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement